Pengajian Jum’at Mingguan SMAN 7 Mataram

0
48

Salah satu program mingguan yang dilaksanakan oleh SMAN 7 Mataram adalah majlis pengajian setiap hari Jum’at. Pengajian ini dilakukan pada sore sekitar pukul 16.30 WITA waktu setempat.

SMAN 7 Mataram merupakan tempat istri bertugas sebagai guru Biologi sejak tahun 2004 hingga sekarang sedangkan saya sendiri mengajar di MTsN 3 Mataram.

Karna sudah menjadi bagian dari keluarga besar SMAN 7 Mataram setiap ada kegiatan selalu ikut menemani istri termasuk mengikuti pengajian jumat mingguan bersama anak-anak.

Hitung-hitung menjalin sillaturahim mengenal satu sama lain dan memiliki banyak teman dan hal ini merupakan salah satu hikmah untuk panjang umur dan membuka pintu rizki.

Sesuai hadits Rasulullah SAW yang artinya “barangsiapa yang Ingin diluaskan pintu rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka jalinlah sillaturahim”. Semoga dengan banyak menjalin silaturrahim baik antara teman, keluarga, orangtua, sanak saudara kita diluaskan rizki dan dipanjangkan umur. Amin

Pada Jum’at (10/1/2020) kali ini pengajian dilaksanakan di rumah ibu Dian Komala salah satu guru SMAN 7 Mataram berlokasi di Dasan Agung Kebon Bawak Mataram.

Memang pelaksanaannya dilakukan secara bergantian atau bergiliran di tiap-tiap rumah para guru-guru yamg mempunyai kesiapan satu minggu sebelumnya.

Kegiatan pengajian Jum’at dihadiri oleh keluarga besar SMAN 7 Mataram mulai dari kepala sekolah, KTU, guru-guru, staf karyawan termasuk juga para istri atau suami dari guru-guru termasuk saya sendiri … ­čśÇ­čśÇ­čśÇ

Dalam kegiatan pengajian yang digelar setiap hari Jum’at sore setiap minggu ini diisi dengan pembacaan Surat Yasin secara bersama-sama kemudian ceramah atau tausyiah agama oleh salah satu Ustadz atau Tuan Guru.

Ustadz atau Tuan Guru (red. Panggilan kyai bagi orang lombok) yang diundang dalam pengajian ini setiap minggunya berbeda-beda hingga isi ceramahnya pun yang didapatkan oleh para hadirin berbeda juga.

Pada kesempatan pengajian ini sang ustadz membahas tentang orang-orang yamg dijamin masuk syurga diantaranya mereka yang selalu bershodaqah berinfak pada waktu sempit maupun waktu luang.

Shodaqoh waktu sempit sama artinya membelanjakan hartanya kepada orang yang membutuhkan sedangkan ia dalam kesusahan atau kesulitan namun tetap berinfak walaupun sedikit.

Sedangkan shodaqoh pada waktu luang merupakan kebalikan dengan shodaqoh pada waktu sempit artinya selalu memberikan kelebihan rizkinya pada orang yamg membutuhkan pada saat ia mempunyai harta yang banyak dan berlimpah.

Bershodaqah ganjarannya diumpamakan seperti menanam satu butir bijian yang tumbuh menjadi 7 cabang setiap cabang tumbuh lagi 100 biji begitu seterusnya.

Ganjaran orang bershodaqah sudah dijanjikan oleh Allah SWT sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan kelak akan dijumpai di syurga. (@ruslanwahid)

Salam literasi… !!!

 

Views All Time
Views All Time
34
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY