PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID (APK) MENGGUNAKAN POWERPOINT

0
67

Perkembangan teknologi informasi sangatlah cepat dan silih berganti dengan berbagai keunggulan dari inovasi-inovasi yang ditawarkan. Teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 berpusat pada kecerdasan buatan dan internet of things lebih menawarkan segala serba cepat dan bersifat praktis. Perubahan-perubahan ini jika tidak disikapi dan disiapi dengan baik, akan membuat bumerang sendiri bagi generasi penerus bangsa. Pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan sendiri diharapkan mampu membuat pendidikan tampil secara ideal untuk menjawab dan mempersiapkan dari tantangan serta perubahan zaman. Penggunaan smartphone di kalangan masyarakat di Indonesia sudah tidak bisa dipisahkan, karena manfaat yang dirasakan dari berbagai fitur. Fitur-fitur dalam smartphone sangat beragam dari edukasi, kesehatan, agama atau spiritual, games, dan lainnya yang berasal bawaan perangkat ataupun unduhan dari App Store.

Aplikasi edukasi diperlukan sebagai media pembelajaran dengan tampilan menarik, praktis dan sesuai zamannya. Namun terlepas dari tujuan utama fungsi media pembelajaran untuk membantu anak didik belajar dengan mudah, tujuan lain adalah ikut serta memberi sumbangsih sesuatu yang berorientasikan pada pendidikan untuk lebih baik. Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang di sesuai kebutuhan anak didik di kelas ataupun di luar kelas sebagai penunjang proses belajar pembelajaran secara klasikal ataupun mandiri. Idealnya media pembelajaran dibuat oleh gurunya sendiri untuk memastikan kebutuhan untuk menjawab problem yang muncul di dalam kelas. Namun tidak semua guru mampu membuat media atau aplikasi berbasis android dikarenakan melalui bahasa coding yang tidak semua memahaminya dengan baik. Ternyata pembuatan aplikasi android tidaklah sulit dan bisa dibuat melalui aplikasi yang sering guru gunakan yaitu powerpoint. Software yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi android yang utama adalah powerpoint yang sudah pasti tersedia jika perangkat PC kita jika diinstal Microsoft Office. Aplikasi lainnya yang dibutuhkan adalah WTPPT dan GenApkShell2 untuk mengubah dari format ppt ke format wtppt dan menjadi file dengan format apk untuk dapat di install di perangkat android. berikut langkah-langkah praktis membuat aplikasi android dengan powerpoint tanpa harus bisa bahasa coding.

  1. Instal JRE dan WTPPT di PC anda dan extrack file make APK (GenApkShell2).
  2. Buka PowerPoint di PC anda, layout tampilan dan isi materi yang terkait.
  3. Simpan file ppt pada folder dengan nama aplikasi (contoh: DimensiSejarah).
  4. Buka WTPPT yang sudah anda instal di PC anda. Cari dan pilih file ppt yang akan di converter dari ppt ke wtppt. Pastikan hasil converter dalam satu folder dengan folder ppt.
  1. selanjutnya buka aplikasi make APK (GenApkShell2) dan isi kurang lebih seperti di bawah ini.

Keterangan:

Package Name: isikan nama file anda dengan awalan com. dan akhiran .abc (com. ____ .abc) seperti perintah di aplikasi.

App Name: isikan nama tampilan di aplikasi android.

Wtppt Embedded: isikan file wtppt yang sudah di convert

Icon: pilih dan masukan gambar dengan tipe file PNG ukuran 128 x 128.

  1. Klik Generate APK tunggu proses generate sampai selesai. Maka aplikasi android anda siap dioperasikan.

Link video tutorial: https://youtu.be/BQopNg3Pw8w

Dapat disimpulankan tanpa harus bisa dan menguasai bahasa coding guru mampu membuat aplikasi pembelajaran berbasis android hanya dengan powerpoint. Adapun catatan apk dari generate ini tidak kompatibel dengan sistem terbaru android 9.0 dan android Q Beta, namun versi android Oreo ke bawah dapat berjalan dengan baik.

Muhammad Rofiul Alim. MAN Kota Batu.

Views All Time
Views All Time
25
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY