Pengertian Kreativitas

0
192
adi suprayitno
Pengertian Kreativitas
  1. Pengertian Kreativitas

Kreativitas merupakan suatu bidang kajian yang kompleks, yang menimbulkan berbagai perbedaan pandangan. Perbedaan tersebut terletak pada bagaimana kreativitas itu didefinisikan. Kreativitas didefinisikan sesuai dengan penekanan pendefinisian dan bergantung kepada dasar teori yang menjadi dasar acuannya.

Campbel, (Triguno, 2001 : 12) dalam bukunya “Take The Road to Creativity And Get Off Your Dead End” 1986, menyatakan bahwa kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil dengan ciri-ciri : a. Inovatif, belum pernah ada, segar, menarik, aneh, mengejutkan dan terobosan baru; b. Berguna, lebih enak, lebih baik, lebih praktis, mempermudah, memperlancar, mendorong, mengembangkan, mendidik, memecahkan masalah, mengurangi, hambatan, mengatasi kesulitan, mendatangkan hasil lebih baik / banyak;             c. Dapat dimengerti, hasil yang sama dapat dibuat dilain waktu.

Evan, J.R. (Triguno 2001 : 12). Kreativitas adalah ketrampilan untuk menentukan pertalian baru, melihat subyek dari perspektif baru, dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran.

Menurut Parnes (1972 : 12), kemampuan kreatif dapat dibangkitkan melalui masalah yang memicu lima kreatif sebagai berikut :

  • Fluency (kelancaran), yaitu kemampuan mengemukakan ide-ide untuk memecahkan masalah.
  • Flexibility (keluwesan), yaitu kemampuan untuk menghasilkan berbagai macam ide guna memecahkan suatu masalah di luar kategori biasa.
  • Originality (keaslian), yaitu kemampuan memberikan respon yang unik atau luar biasa.
  • Elaboration (keterincian), yaitu kemampuan menyatakan pengarahan ide secara rinci untuk mewujudkan ide menjadi kenyataan.
  • Sensitivity (kepekaan), yaitu kepekaan menangkap dan menghasilkan masalah sebagai tanggapan terhadap suatu situasi.

Chaplin (1997 : 17), kamus lengkap psikologi menyebutkan creativity (kreativitas) adalah kemampuan menghasilkan bentuk baru dalam memecahkan masalah dengan metode-metode baru.

Hurlock, B (1978 : 326), mengatakan “Creativity is the capacity of persons to produce compositions, products or ideas of any sort which are essentially new or novel, and previously unknown to the producer. It can be imaginative activity, or thought synthesis. Where the product is not mere summation it may involve the forming of new patterns and combination of information devided from past experiences, and the transplanting of old relationships to new situations and amay involve the generation of new correlates. It must be purposeful or goal directed, not idle fantasy – although it need not have immediate practical application or be a perfect and complete product. It may take the form of an artistic, literary, or scientific production or may be of procedural or methodological nature.”

 

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatnya. Ia dapat berupa kegiatan imajinatif atau sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman. Ia mungkin mencakup pembentukan pola baru dan gabungan informasi yang diperoleh dari pengalaman sebelumnya dan pencangkokan hubungan lama ke situasi baru dan mungkin pembentukan korelasi baru. Ia harus mempunyai maksud atau tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata, walaupun merupakan hasil yang sempurna dan lengkap. Ia mungkin dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau mungkin bersifat prosedural atau metodologis

Views All Time
Views All Time
351
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY