Pengertian Media Pembelajaran

1
137
adi suprayitno
Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar merupakan suatu proses komunikasi antara guru dan siswa. Guru di dalam proses komunikasi berperan sebagai komunikator yang akan menyampaikan pesan/informasi pembelajaran perlu menggunakan media pembelajaran.

Media pembelajaran adalah “Segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat untuk menyalurkan informasi atau pesan dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian, minat para siswa, dan dapat memperdalam serta memperluas pemahaman siswa” (Isbani, 1986 : 10).

National Education Association (NEA) yang dikutip Isbani (1986 : 9) media pembelajaran adalah : “Segala benda yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca, dan dapat berbicara, beserta instrumen yang mendukung kegiatan tersebut”.

Ahli lain menyatakan media pembelajaran adalah “segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar” (Ibrahim dan Syaodih, 1992/1993 : 78).

Dari pengertian ahli di atas dapat disimpulkan, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi materi pembelajaran, sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar, media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran visual dalam bentuk gambar manusia dan tumbuh-tumbuhan yang digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi materi pembelajaran bahasa inggris  , sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar dan pemahaman siswa.

Tujuan penggunaan media pembelajaran bukan sebagai alat bantu semata dalam proses belajar mengajar, tetapi juga dapat memberikan pengalaman yang konkrit dalam berpikir lebih-lebih terhadap anak di sekolah lanjutan atas akan dapat meningkatkan motivasi perhatian dan minat belajar sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat.

Tujuan penggunaan media pembelajaran yang disebutkan oleh Winataputra, dkk. (1997 : 5.8) adalah :

 

  1. Sebagai sarana bantu untuk meningkatkan belajar mengajar yang efektif.
  2. Mempercepat proses belajar, artinya siswa dapat menangkap bahan ajar dengan mudah dan jelas.
  3. Untuk meningkatkan kualitas proses belajar artinya hasil belajar siswa memiliki nilai tinggi.
  4. Untuk meletakkan dasar yang konkrit dalam berfikir, artinya dapat membuat konsep yang abstrak menjadi konkrit.

 

Tujuan penggunaan media pembelajaran yang disebutkan ahli di atas dapat disimpulkan pengertiannya bahwa media pembelajaran dalam proses belajar disamping alat bantu penyampaian informasi materi pembelajaran dapat diterima dengan jelas juga mewujudkan situasi proses belajar yang efektif dan efisien.

Tujuan penggunaan media pembelajaran mengajar bidang studi bahasa inggris   kelas D3 untuk meningkatkan kualitas proses belajar bahan ajar dapat dbahasa inggris  hami dengan mudah dan jelas karena siswa mengamati secara konkrit, sehingga hasil belajarnya dapat meningkat

Views All Time
Views All Time
268
Views Today
Views Today
1

1 COMMENT

LEAVE A REPLY