Penguatan Pendidikan Karakter melalui kegiatan Kultum “Jumat Berkah”

0
10

Era pendidikan 4.0 menitikberatkan pada kemampuan siswa untuk menunjukkan karakter kepribadian yang berakhlak baik, jujur, kreatif, inovatif dan berani mengemukakan pendapat mengikuti arus perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat.

Salah satu dasar yang ditanamkan kepada siswa terutama tingkat Sekolah Dasar adalah bagaimana karakter yang dituntut dalam kurikulum tertanam sejak dini. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan dan pengembangan diri siswa tersebut adalah kegiatan kerohanian melalui kegiatan “Jumat Berkah” seperti yang rutin setiap minggu dilaksanakan di SDN 22 Mata Air Barat Kec.Padang Selatan Kota Padang Propinsi Sumatera Barat.

Kegiatan “Jumat Berkah” disamping dapat melatih kemampuan siswa berani tampil, mengasah Public Speakings  juga ditanamkan bagaimana karakter siswa dalam mengamalkan perintah agama sebagai karakternya dalam kehidupan. “Sedekah Jumat” adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa untuk memupuk karakter suka memberi dan peka terhadap orang lain. Disamping itu Jurnal Jumat Berkah juga dibuat oleh siswa. Jurnal tersebut berisikan perbuatan baik apa saja yang sudah dilakukan siswa sejak bangun tidur hingga menjelang tidur lagi pada hari Jumat tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya pembiasaan karakter diri yang baik ditanamkan sejak dini kepada siswa. Susmayeni, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 22 Mata Air Barat selalu menggalakkan bagaimana penanaman karakter siswa sejak dini dapat dibentuk dengan kecenderungan pengalaman kaidah agama diterapkan di sekolah. Hal ini selaras dengan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Padang melalui program 18-21. Artinya selama rentang jam tersebut siswa terlepas dari handphone dan mendapatkan pendampingan dari orang tua untuk penanaman akhlak bagi siswa dilingkungan rumah.

Dengan penerapan pengembangan karakter tersebut, dapat menyeimbangkan pengembangan kecerdasan dan moral siswa untuk menghadapi era 4.0 sekarang ini dan menyongsong generasi emas Indonesia tahun 2045.

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY