PENGUMUMAN DAN PERPISAHAN ANGKATAN 2020 MENJELANG ERA ‘NEW NORMAL’

0
15

Bagi siswa yang lulus sekolah tahun 2020 tentu akan mengenang sepanjang hidupnya saat pengumuman kelulusan dan prosesi perpisahannya. Mungkin belum pernah terjadi pengumuman kelulusan siswa   dengan menggunakan daring (dalam jaringan) atau online seperti yang terjadi pada pengumuman kelulusan siswa tahun 2020 ini. Kondisi dan kenyataan ini harus terjadi karena dampak penyebaran pandemi COVID -19 yang masih belum reda hingga saat pengumuman kelulusan dan prosesi perpisahan siswa angkatan 2020.

Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, bahwa kelulusan  SD, SDLB, Program Paket A atau sederajat ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2020; SMP, SMPLB, Program Paket B atau sederajat  ditetapkan tanggal 5 Juni 2020; dan SMA, SMALB, SMK, Program Paket C atau sederajat ditetapkan tanggal 2 Mei 2020.

Ada momentum yang paling banyak ditunggu siswa yang akan mengakhiri masa belajar dari sekolahnya, yaitu pengumuman kelulusan dan prosesi perpisahan. Kini, momentum tersebut hanya menjadi sebuah angan-angan yang dipupuskan oleh pendemi COVI-19 yang tidak peduli dan kompromi dengan momentum yang ditunggu ribuan siswa tersebut.

Terlepas dari kenyataan pahit yang dirasakan oleh hampir seluruh umat manusia di dunia, ada fenomena baru dalam kehidupan dalam era ‘new normal’ akhir-akhir ini. Perubahan tatanan kehidupan manusia yang secara drastis sebagai dampak pandemi COVID-19 membuat pola dan tatanan kehidupan yang baru pula. Demikian pula dengan tatanan dalam bidang pendidikan, seperti pembelajaran secara daring, pengumuman kelulusan siswa secara daring, perpisahan secara virtual, dan sebagainya.

Kini, siswa dan guru sudah terbiasa memanfaatkan dan berinovasi  dengan teknologi informasi untuk melakukan proses pembelajaran, Kini, pemanfaatan teknologi informasi dilanjutkan dengan penyampaian pengumuman kelulusan dan prosesi perpisahan siswa. Tentu saja, pengumuman kelulusan dan proses perpisahan siswa tersebut tidak dapat dilakukan oleh semua sekolah atau tidak dapat diikuti semua siswa.  Namun, proses perubahan dan inovasi sudah terjadi dalam dunia pendidikan Indonesia.

Entah apa yang terjadi apabila tidak ada pandemi COVID-19. Apakah pengumuman kelulusan dan propesi perpisahan siswa tetap saja dari pelaksanaannya dari tahun ke tahun? Pengumuman kelulusan dan prosesi perpisahan siswa hanya kemasan saja yang berbeda, tetapi pada pelaksanaannya sama saja dari dulu hingga kini. Pandemi COVID-19 mampu merubah ‘tradisi’ lama yang bersifat ‘monoton’ ke era baru yang bernuansa ‘beda’ dan lebih variatif dan kreatif, yaitu ‘new normal’ pendidikan di masa depan dan teknologi informasi menjadi mediatornya. Wallahu a’lam.

 

#BangkitPendidikanIndonesia

#DirumahdanMenulisAja

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN MELAKUKAN PEMANTAUAN PELAKSANAAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA
Next articleJIKA ENGKAU JADI AKU
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY