Penilaian Ketrampilan Kurikulum 2013 SMP/MTs (Bag 3)

0
284

4. Pelaksanaan Penilaian

Pelaksanaan penilaian adalah eksekusi dari perencanaan penilaian yang telah dilakukan. Adapun teknis pelaksanaan penilaian praktik, produk, dan projek meliputi:

1. pemberian tugas secara rinci;
2. penjelasan aspek dan rubrik penilaian;
3. pelaksanaan penilaian sebelum, selama, dan setelah siswa melakukan pembelajaran;
4. pendokumentasian hasil penilain.

5. Pengolahan Hasil Penilaian

Nilai keterampilan diperoleh dari hasil penilaian setiap KD. Hasil  penilaian pada satu KD yang dilakukan lebih dari satu kali dengan  teknik yang sama, maka nilai pada KD tersebut adalah yang tertinggi. Satu KD yang dinilai dengan lebih dari satu Teknik maka nilai KD tsb merupakan nilai rata-ratanya. Penulisan capaian keterampilan pada rapor menggunakan angka pada skala 0 – 100, predikat dan deskripsi.  

Penilaian keterampilan dalam satu semester dapat digambarkan   dengan skema berikut:

Penilaian dalam satu semester yang dilakukan sebagaimana disajikan pada Gambar 3.4 di atas dapat menghasilkan skor seperti dituangkan dalam Tabel 3.27.

Catatan:

1. Penilaian KD 4.2 pada materi yang sama dilakukan 2 (dua) kali dengan teknik yang sama, yaitu praktik. Oleh karena itu skor akhir KD 4.2 adalah skor optimum.

2. KD 4.3 dan KD 4.4 dinilai bersama-sama melalui penilaian proyek. Nilai yang diperoleh untuk kedua KD yang secara bersama-sama dinilai dengan proyek tersebut adalah sama (dalam contoh di atas 87).

3. Selain dinilai dengan proyek, KD 4.4 dinilai dengan produk.   Dengan demikian KD 4.4 dinilai 2 (dua) kali, yaitu dengan produk dan proyek. Dengan asumsi bobot pada penilaian produk dan proyek sama, maka skor akhir KD 4.4 adalah rata-rata dari skor yang diperoleh melalui kedua teknik yang berbeda tersebut.

4. Nilai akhir semester adalah rata-rata skor akhir keseluruhan KD keterampilan yang dibulatkan ke bilangan bulat terdekat.

Portofolio (yang dalam contoh ini) dikumpulkan dari penilaian dengan teknik produk dan proyek digunakan sebagai sebagian data perumusan deskripsi pencapaian keterampilan.

Di samping nilai dalam bentuk angka dan predikat, dalam raport  dituliskan deskripsi capaian keterampilan untuk setiap mata pelajaran.

Berikut adalah rambu-rambu rumusan deskripsi capaian  keterampilan.

1. Deskripsi keterampilan menggunakan kalimat yang bersifat  memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif.  Menghindari frasa yang bermakna kontras. Misalnya: … tetapi masih perlu peningkatan dalam … atau … namun masih perlu peningkatan dalam hal ….

2. Deskripsi berisi beberapa keterampilan yang sangat baik dan/atau baik dikuasai oleh siswa dan yang penguasaannya mulai meningkat.

3. Deskripsi capaian keterampilan didasarkan pada bukti-bukti karya siswa yang didokumentasikan dalam portofolio keterampilan. Apabila KD tertentu tidak memiliki karya yang dimasukkan ke dalam portofolio, deskripsi KD tersebut didasarkan pada skor angka yang dicapai. Portofolio tidak dinilai (lagi) dalam bentuk angka.

6. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian

Hasil penilaian keterampilan dapat digunakan untuk mengetahui  kemampuan dan perkembangan peserta didik dalam menerapkan  pengetahuan dalam tugas tertentu. Di samping itu hasil penilaian  dapat juga memberi gambaran tingkat keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan.

Berdasarkan analisis hasil penilaian, dapat ditentukan dengan  langkah atau upaya yang harus dilakukan pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Oleh sebab itu hasil penilaian yang diperoleh harus diinformasikan langsung kepada peserta didik sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan peserta didik (assessment as learning), pendidik (assessment for learning), dan satuan pendidikan selama proses pembelajaran berlangsung (melalui PH/pengamatan harian) maupun setelah beberapa kali program pembelajaran (PTS), atau setelah selesai program pembelajaran selama satu semester.

Penilaian yang dilakukan oleh pendidik juga digunakan untuk  mengetahui capaian akhir penguasaan kompetensi peserta didik  yang dituangkan dalam rapor.

Hasil analisis penilaian keterampilan berupa informasi tentang  peserta didik yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan peserta didik yang belum mencapai KKM, perlu ditindaklanjuti dengan program pembelajaran remedial dan pengayaan bagi peserta didik yang telah melampaui KKM.

Sumber: Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMP Revisi Mei Tahun 2017.

Baca Artikel lainnya:

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013. Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP Revisi Juni 2017 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2007 dan Ms Excel 2010 (lebih baik). Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application). Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 8 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Baca selanjutnya …

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MI Revisi Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013. Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Desember 2016 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms  Excel 2010. Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2.   Kemudahan Aplikasi:  Guru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial. Baca selanjutnya …

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013. Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Kemudahan Aplikasi:   Guru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial. Output Aplikasi
1. Nilai-Predikat, Deskripsi setiap mapel 2. Raport UTS  3. Raport Semester   4. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) per siswa  5. Daya Serap mapel/kelas  6. Buku Induk Lengkap. Baca selanjutnya …

Semoga Bermanfaat

Views All Time
Views All Time
427
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY