Penilaian Oleh Satuan Pendidikan SMP/MTs (Bag. 3)

0
265

3. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis nilai PAS, PAT, US, dan USBN diperoleh informasi tentang daya serap setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas, pencapaian hasil belajar dibandingkan dengan KKM. Secara empiris satuan pendidikan  akan memperoleh informasi statistik dari perangkat soal yang telah digunakan, antara lain reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil analisis tersebut dapat dipergunakan untuk pengembangan bank soal di satuan pendidikan. Satuan pendidikan juga akan memiliki dokumen tentang:

a. Pencapaian target perolehan nilai yang telah ditetapkan; dan

b. Kompetensi dasar yang sudah atau belum dikuasai oleh peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas.

Pemanfaatan dan tindak lanjut yang dilakukan oleh satuan  pendidikan terhadap hasil analisis adalah sebagai berikut:

a. Membuat laporan kemajuan belajar peserta didik (rapor) setelah mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik (penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester/akhir tahun) dan kemajuan belajar lainnya dari setiap peserta didik;

b. Menata kembali seluruh materi pembelajaran setelah melihat hasil penilaian akhir semester atau akhir tahun;

c. Melakukan perbaikan dan penyempurnaan instrumen penilaian;

d. Merancang program pembelajaran pada semester berikutnya; dan

e. Membina peserta didik yang belum mencapai hasil belajar seperti yang diharapkan.

Hasil pengolahan rapor dan ujian sekolah dijadikan bukti capaian  akhir kompetensi peserta didik yang dituangkan dalam bentuk ijazah. Selain itu pengolahan nilai hasil USBN dapat dimanfaatkan sebagai pemetaan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota atau propinsi.

Hasil pengolahan nilai peserta didik dari PH+PTS+PAS menjadi sumber dalam menentukan Nilai Akhir (NA) untuk rapor semester gasal.

Hasil pengolahan nilai peserta didik dari PH+PTS+PAT menjadi sumber dalam menentukan Nilai Akhir (NA) untuk rapor semester genap. Nilai rata-rata semester 1 s.d. 6, serta nilai hasil US dan USBN menjadi sumber dalam menentukan Nilai Akhir (NA) di ijazah.


Pada Sistem Kredit Semester (SKS), laporan hasil belajar bagi  satuan pendidikan yang menerapkan SKS mengacu pada Standar  Penilaian Pendidikan, Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan  Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama, dan Panduan  Penyelenggaraan SKS di Sekolah Menengah Pertama, serta dilengkapi dengan Indeks Prestasi (IP) sesuai dengan Permendikbud Nomor 158 Tahun 2015. Indeks Prestasi adalah gabungan hasil penilaian KD pada KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan) dari seluruh mata pelajaran yang diikuti tiap semester. Indeks Prestasi digunakan sebagai dasar penentuan beban belajar yang diambil peserta didik pada semester berikutnya.

Indeks Prestasi menggunakan rentang nilai 0 – 100 sesuai dengan rumus sebagai berikut:

Indeks Prestasi digunakan sebagai dasar bagi peserta didik untuk menentukan beban belajar maksimum yang dapat dipilihnya pada semester berikutnya.

Sumber: Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMP Revisi Mei Tahun 2017.

Baca Artikel lainnya:

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013. Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP Revisi Juni 2017 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2007 dan Ms Excel 2010 (lebih baik). Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application). Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 8 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Baca selanjutnya …

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MI Revisi Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013. Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Desember 2016 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms  Excel 2010. Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2.   Kemudahan AplikasiGuru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial. Baca selanjutnya …

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013. Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Kemudahan Aplikasi:   Guru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial. Output Aplikasi. Nilai-Predikat, Deskripsi setiap mapel  2. Raport UTS  3. Raport Semester  4. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) per siswa  . Daya Serap mapel/kelas  6. Buku Induk Lengkap.  Baca selanjutnya …Semoga Bermanfaat.

Views All Time
Views All Time
494
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY