PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DI DUNIA PENDIDIKAN

0
70

PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DI DUNIA PENDIDIKA
Oleh : Lenny Anita, S.Pd.I
Guru PAI Pada SMP Negeri 7 Birem Bayeun

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penentu efektivitas belajar yang merupakan bagian dari alat peraga. Media mengubah materi ajar yang abstrak menjadi konkrit dan realistis. Penyediaan perangkat alat peraga merupakan bagian dari pemenuhan kebutuha sesuai dengan tipe siswa belajar.
Pembelajaran menggunakan alat peraga, berarti mengoptimalkan fungsi seluruh panca indra siswa untuk meningkatkan efektivitas siswa belajar dengan cara mendengar, melihat, meraba, dan menggunakan pikirannya secara logis dan realistis.
Pelajaran tidaklah sekedar menerawang pada wilayah abstrak, melainkan sebagai proses empirik yang konkrit yang realistis serta menjadi bagian dari hidup yang tidak mudah di lupakan.
Tujuan penggunaan alat peraga adalah untuk mendemontrasikan konsep yang abstrak kedalam bentuk visual. Dalam proses pembelajaran alat peraga berfungsi untuk memecah rangkaian pembelajaran ceramah yang monoton, membumbui pembelajaran dengan humor untuk memperkuat minat siswa belajar, menghibur siswa agar pembelajaran tidak membosankan, memfokuskan perhatian siswa pada materi pelajaran secara konkrit, melibatkan siswa dalam proses belajar sebagai rangkaian pengalaman nyata.
Penggunaan alat peraga menunjang prinsip pembelajaran yang efektif yang terkait pada upaya, meningkatkan motivasi siswa belajar karena alat peraga dapat merangsang tumbuh nya perhatian serta mengembangkan keterampilan, alat peraga memfokuskan perhatian siswa, guru dapat menggunakan alat peraga dengan melihat benda yang sesungguh nya diluar kelas maupun dalam kelas, menyajikan pembelajaran dengan memanfaatkan kehidupan nyata dalam rangka meningkatkan daya antusias siswa dalam kelas terhadap materi pelajaran, alat peraga pembelajaran dapat mengubah guru sebagai transmisi yang berfungsi sebagai penghantar menjadi fasilitator, alat peraga membuat siswa lebih aktif, membuat seluruh momen dalam kelas hidup dan berubah dari waktu kewaktu, alat peraga membuat siswa menjadi lebih aktif berpikir kritis, alat peraga lebih meningkatkan interaksi siswa dalam kelas sehingga trasformasi belajar dapat berkembang dinamis, dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan daya monitor pendidik sehubungan dengan aktifitas siswa lebih mudah diamati.
Penggunaan alat peraga memenuhi kebutuhan belajar sesuai gaya belajar siswa di kelas. Sebagaimana kita ketahui dewasa ini, bahwa banyak terdapat beberapa tipe siswa berdasarkan cara mereka memahami sesuatu sehingga memerlukan metode mengajar yang berbeda, namunpun demikian guru harus mampu untuk mengkombinasikan beragam metode pengajaran agar dapat mengakomodasikan kebutuhan seluruh siswa nya dalam belajar.
Guru sekurang-kurang nya dapat menggunakan alat peraga yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi suatu keharusan dalam upaya mencapai tujuan belajar yang diharapkan.
Contoh nya : Proses Belajar Mengajar pada pelajaran PAI, Materi Tata Cara Penyembelihan Hewan.
Disini, Tak mungkin juga guru membawa masuk hewan ( Sapi atau kambing) kedalam kelas untuk di jadikan media pembelajaran. Namun pun demikian, Guru bisa menyediakan bentuk hewan (sapi atau kambing) yang terbuat dari sabun batang atau tanah liat sebagai media pembelajaran untuk di jadikan objek atau aktivitas siswa itu sendiri pada situasi dan kondisi yang sebenar nya.
Dengan adanya bentuk hewan tersebut, maka siswa dengan mudah dapat memahami tentang tata cara penyembelihan hewan dengan cara mempraktikkan langsung di depan kelas dan di bimbing oleh guru. Sehingga siswa dapat meresap materi yang di berikan oleh guru dengan baik. Sedangkan materi lain yang berkaitan , guru juga bisa menunjukkan video pembelajaran tentang tata cara penyembelihan hewan.
Dengan adanya media pembelajaran, akan sangat membantu peran aktif siswa yang tadinya malas-malasan, ngantuk dan membosankan kini dapat bangkin dengan rasa ingin tau yang luar biasa, bahkan di luar yang kita bayangkan sebelumnya.
Disinilah pentingnya media pembelajaran di dunia pendidikan. Khususnya bagi siswa-siswi SMP Negeri 7 Birem Bayeun

Views All Time
Views All Time
177
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY