PENUTUPAN GEBYAR SEKOLAH MODEL SPMI DAN PENYERAHAN HADIAH

0
39

Kegiatan Gebyar Sekolah Model SPMI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 6-7 November 2019 di aula dan halaman  Disdikbud Tanah Laut telah selesai dengan meriah dan sukses. Cuaca dan suasana lingkungan juga sangat mendukung terlaksananya kegiatan tersebut, sehingga berbagai agenda kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalana sesuai dengan jadwal dan rencana yang telah siapkan, terutama pelaksanaan pameran dan penampilan seni siswa dari sekolah model SPMI maupun sekolah imbasnya.

Satu per satu siswa tampil menunjukkan potensi dan bakat dalam bidang seni dan bakat lainnya yang telah diasah dan dibina dengan segala daya upaya dan kemampuan oleh sekolah secara intensif, sehingga dapat melahirkan siswa yang berani tampil di hadapan umum. Ada siswa menunjukkan bakatnya dengan menyanyi, menari, peragaan busana dari bahan atau barang bekas, dan sebagainya. Semua sekolah model SPMI yang berjumlah 20 sekolah, baik tingkat SD hingga SMA,secara bergiliran tampil menunjukkan hasil pembinaannya dalam gebyar sekolah model tersebut.

Sementara itu, pengunjung pun semakin banyak yang datang dari beberapa sekolah yang berada di dalam kota Pelaihari dan sekitarnya. Mereka  mulai memadati dan mengunjungi stand pameran sekolah model SPMI di halaman depan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, sehingga siang itu suasana stand pameran semakin marak dan meriah. Namun, kondisi halaman dan tempat pameran yang relatif sempit membuat suasana terasa semakin panas dan berdesak-desakan, baik dalam dalam stand pameran maupun di luarnya.

Sekitar pukul 15.30 WITA mulai dilakukan  persiapan penutupan kegiatan Gebyar Sekolah Model SPMI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut Tahun 2019. Penilaian dari beberapa lomba sudah dikumpulkan untuk diumumkan hasilnya, seperti Lomba Best Practice dan Lomba Stand Pameran. Suwoto, M.Pd selaku koordinator kegiatan lomba sudah mendapatkan hasil penilaian dari dewan juri yang bertugas melaksanakan penilaian. Setelah melalui persiapan dan koordinasi semua pihak, maka dilakukan upacara penutupan yang diawali dengan pengumuman pemenang lomba selama kegiatan gebyar sekolah model tersebut.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, diperoleh hasil lomba sebagai berikut : Pertama. Lomba Best Practice tingkat SD diperoleh UPTD SDN 1 Tirtajaya sebagai juara I, UPTD SDN 1 Jorong sebagai juara II, dan UPTD SDN Pabahanan sebagai juara III. Sedangkan Lomba Best Practice tingkat SMP/SMA diperoleh oleh SMAN 1 Kintap sebagai juara I, UPTD SMPN 2 Bati-Bati sebagai juara II, dan UPTD SMPN 1 Panyipatan sebagai juara III.

Kedua. Lomba Stand Pameran tingkat SD diraih oleh UPTD SDN 1 Tirtajaya sebagai juara I, UPTD SDN 1 Nusa Indah sebagai juara II, dan UPTD SDN 2 Angsau sebagai juara III. Sementara itu, Lomba Stand Pameran tingkat SMP/SMA dperoleh oleh UPTD SMPN 2 Panyipatan sebagai juara I, UPTD SMPN 2 Pelaihari sebagai juara II, dan UPTD SMPN 1 Panyipatan sebagai juara III.

Penyerahan tropi dan hadiah bagi pemenang Lomba Best Practice tingkat SD dan SMP/SMA diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, Abdillah, M.Pd, sedangkan penyerahan tropi dan hadiah bagi pemenang Lomba Stand Pameran diserahkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, H.Dana Saputra. Pemenang mendapatkan tropy, piagam, dan uang pembinaan. Seusai penyerahan tropi dan hadiah dilakukan foto bersama.

Sebelum ditutup secara resmi, Abdillah, M.Pd, selaku Kepala Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut memberikan kata sambutan, yang antara lain menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang, mendoakan kepada para peserta semoga dalam perjalanan pulang ke rumah dengan selamat, dan rencana kegiatan gebyar sekolah model SPMI tahun depan diharapkan lebih baik dan meriah lagi. Alhamdulillah, sekitar pukul 16.15 WITA  seluruh rangkaian kegiatan Gebyar Sekolah Model SPMI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 6-7 November 2019 berakhir dengan tertib, lancar, dan sukses.

 

Views All Time
Views All Time
40
Views Today
Views Today
1
Previous articleSebelum Berangkat Study Banding, Osim MTsN 3 Mataram Terima Arahan dari Kepala Madrasah
Next articlePenarikan Guru PPG UIN Mataram Setelah Dua Minggu PPL di MTsN 3 Mataram
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY