Peran Guru Terhadap Keberhasilan Siswa

0
16

Seorang guru yang bertugas mengajar di Sekolah Dasar memiliki peran yang sangat besar terhadap keberhasilan siswa. Mengingat kemampuan dan karakter siswa SD dalam satu kelas sangat beragam maka seorang guru dituntut harus mampu/memiliki kemampuan lebih agar mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di kelasnya. Pendidikan di SD tidak hanya bertujuan agar siswa mampu berprestasi di bidang akademik, tapi perlu juga adanya pengembangan yang menyangkut kepribadian.

Setiap hari bertemu dengan siswa dengan demikian seorang guru mengetahui perilaku setiap siswa. Sering kita menemukan anak yang berperilaku menyimpang yang ditandai dengan perilaku berupa; terus menerus memanggil guru dan berbicara seenaknya; berjalan kesana-kemari di kelas; menggerakkan kaki terus menerus di kursi; bersuara keras; tidak bisa berkonsentrasi, dsb.

Untuk mencapai prestasi belajar dengan baik seorang anak harus dapat berkonsentrasi pada pekerjaan belajarnya, mampu mengikuti petunjuk, mengerjakan tugas, tetap duduk di tempat, dan mematuhi peraturan kelas. Perlu adanya pendekatan yang dilakukan oleh guru untuk mengajarkan anak agar berperilaku baik, antara lain dengan memberikan pengarahan dalam hal-hal sebagai berikut:

Yang pertama; mengangkat tangan tanpa harus memanggil-manggil guru sehingga tidak terkesan berteriak-teriak, yang kedua; menunggu giliran tidak menerobos,yang ketiga; tetap duduk di tempat pada saat kegiatan belajar berlangsung, yang keempat; berbicara lembut/tidak berteriak-teriak, yang kelima; berjalan tanpa mengganggu/bersikap usil menggoda temannya, yang keenam; belajar mempertimbangkan perasaan orang lain, dsb.

Perubahan memerlukan waktu yang panjang dan setiap anak mempunya daya tangkap yang berbeda-beda juga setiap perubahan anak-anak tidak merasa terbebani. Keberhasilan perubahan dapat diukur dari penurunan frekuensi dan intensitas perilaku yang diharapkan. Pemulihan perilaku dapat dilakukan melalui gambar-gambar, percontohan, latihan yang ditargetkan, dorongan individual dan umpan balik.

Guru adalah dambaan para orang tua murid dan salah satu tumpuan harapan untuk menjadikan anak-anak berhasil dalam kehidupan yang akan datang. Pada Era New Normal ini peran guru bergeser kepada kedua orang tua masing-masing anak, yang dilakukan guru hanya memantau pekerjaan belajar anak melalui WA Group, tentu saja tidak bisa diketahui secara pasti. Semoga wabah ini segera berakhir sehingga kegiatan belajar mengajar berlangsung di sekolah. Mulialah Guru Indonesia. InsyaAllah.

Salam literasi Guru Indonesia…(NDR)

Sumber: Perspektif Pendidikan SD, Universitas Terbuka

 

 

Views All Time
Views All Time
20
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY