Peranan Workshop SAGUSABLOG IGI dalam Meningkatkan Kompetensi Guru sebagai Blogger

0
21

Ikatan Guru Indonesia (IGI) merupakan organisai guru yang diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia di bawah kepemimpinan Ahmad Rizali serta secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009 dengan Ketua Umum Satrian Dharma dan Sekjen Muhammad Ihsan dari Jawa Timur serta Indra Djati Sidi dari Jawa Barat sebagai Ketua Dewan Pembina.

Kepengurusan baru 2016-2021 juga telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan surat keputusan nomor AHU-0000308.A.H.01.08.Tahun 2016 dengan Ketua Umum Muhammad Ramli Rahim dari Sulawesi Selatan dan Sekjen Mampuono dari Jawa Tengah. IGI lahir dari keprihatinan akan rendahnya kompetensi guru Indonesia, pemerintah dalam kajian berbagai pihak dianggap belum sukses mengangkat kompetensi guru, sementara organisasi guru yang ada saat itu belum bisa berbuat apapaun dalam rangka peningkatan kompetensi guru. Sejak mendapat pengesahan resmi dari pemerintah sebagai organisasi guru, IGI terus berkonsentrasi penuh pada peningkatan kompetensi guru. Bagi IGI, ujung pangkal dari semua persoalan pendidikan di Indonesia ada pada rendahnya kompetensi guru Indonesia baik kompetensi profesional, kompetensi paedagogik, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian.

Periode kedua IGI (2016-2021) tersebut telah memasuki babak baru organisasi guru yang ditandai dengan lahirnya 67 kanal kegiatan IGI yang akan berjuang meningkatkan kompetensi guru, diantaranya kompetensi guru sebagai blogger yaitu kanal SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog). Setiap tahun kanal ini melaksanakan workshop baik secara online maupun offline yang sampai saat ini sudah meluluskan 39 angkatan dan tepatnya tanggal 8 s/d 14 Mei 2020 kanal ini kembali mengadakan workshop secara online yaitu angkatan 40. Workshop SAGUSABLOG ini bertujuan untuk membimbing dan membantu para guru dalam membuat blog atau situs pribadi yang nantinya dapat dipergunakan para guru menuangkan tulisan, materi pelajaran, pengalaman yang berkaitan dengan profesinya sebagai guru, sehingga tulisannya bisa diakses oleh anak didiknya, orangtua, teman seprofesi serta masyarakat luas.

Kanal SAGUSABLOG ini mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari guru-guru yang ada di Indonesia sehingga mereka bisa leluasa dalam berkarya dan berbagi dalam blog, karena banyak sekali ilmu yang dapat diperoleh dalam mengikuti workshop tersebut. Pada kelas dasar saja banyak materi yang dapat mendukung untuk peningkatan kompetensi guru sebagai blogger, diantaranya:
– guru mampu membuat blog dengan blogger
– guru mampu mengganti template bawaan blogger
– guru mampu mendesain header blog
– guru mampu mengelola dan mendesain blog
– guru mampu membuat dan mengelola menu blog
– guru mampu membuat dan mengelola soal online di google drive

Selain materinya menarik, penyajian modul juga sangat jelas serta dibimbing oleh para mentor profesional yang dengan sabar dan ikhlas memotivasi peserta workshop sehingga guru-guru sebagai peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan workshop tersebut secara seksama. Dengan demikian workshop SAGUSABLOG tersebut mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan kompetensi guru sebagai blogger.

Views All Time
Views All Time
35
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY