PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR BITMAP

0
22

( Materi Pelajaran 3 )

  1. Cara Belajar Photoshop

Adobe Photoshop atau yang biasa disebut Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe System yang ditujukan untuk pembuatan efek dan pengeditan gambar atau foto. Software Adobe Photoshop ini banyak digunakan oleh potografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar untuk perangkat lunak pengolah foto atau gambar, dan, bersama Adobe Akrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah dibuat oleh Adobe Systems.

Beberapa versi adobe photoshop terbaru yang telah digunakan untuk edit photo :

  1. versi ke-delapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite),
  2. versi yang ke-sembilan disebut Adobe Photoshop CS2
  3. versi yang ke-sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3
  4. versi yang ke-sebelas adalah Adobe Photoshop CS4
  5. versi yang ke-duabelas adalah Adobe Photoshop CS5
  6. versi yang ke-tigabelas adalah Adobe Photoshop CS6 dan
  7. versi yang terbaru saat ini adalah Adobe CC atau Creative Cloud.

Photoshop dapat digunakan di Mac OS X, Microsoft Windows dan Mac OS versi 9 ke atas juga dapat dipergunakan oleh sistem operasi yang lainnya seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver. Meskipun pada awalnya Adobe Photoshop digunakan untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis kertas, Adobe Photoshop yang ada saat ini juga bisa dipergunakan untuk produksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi yang terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe Image Ready, untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga mempunyai kaitan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan Adobe lainnya. File format asli Photoshop adalah PSD, yang dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady, Adobe Premiere Pro, Adobe Illustrator, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan spesial efek seperti background, tekstur, dan lain sebagainya untuk kebutuhan film, televisi dan situs website. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.

Pengembangan manipulasi gambar atau foto digital banyak memengaruhi industri fotografi. Pengembangan tersebut menciptakan seni dalam edit gambar (photo retouching) dan mengubah cara kerja produk yang biasanya hanya dapat dilakukan oleh fotografer profesional selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari lamanya, kini dapat dilakukan oleh seniman amatir/pemula sekalipun. Manipulasi foto atau gambar digital telah berperan begitu banyak hal kepada dunia fotografi dengan memungkinkan manipulasi yang awalnya sulit atau bahkan tak mungkin. Program Adobe Photoshop mempunyai peran yang besar dalam perkembangan dunia digital saat ini. ………………………MATERI SELENGKAPNYA !

Views All Time
Views All Time
12
Views Today
Views Today
1
Previous articleMANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK
Next articleMANIPULASI GAMBAR VEKTOR
Lahir di Kebumen, Jawa Tengah. Pendidikan S1 IKIP Semarang. Kota singgah : Kebumen (1982-1985), Bogor (1981), Semarang (1986-191), Jakarta (1985, 1992), Lampung (1985) Bengkulu (1991), Makasar, Balikpapan, Tarakan, Bulungan (Kalimantan Timur 1991), Malang (2017), Yogyakarta (2018). Adventure : 1. Hutan lindung Bengkulu 1991, Sepeda motor pulang pergi : Purbalingga-Jakarta (2002), Purbalingga-Bandung (2012-2016), Purbalingga-Semarang (2012-2018), Mengelilingi Gunung Slamet melalui Pratin - Guci - Bumi Jawa- Bumi Ayu- Baturaden - Purbalinga - Pratin.(2017). Mengajar tahun 1985 di SD Kretek 1 Kebumen (1985), SMP Muhamadiyah Ayah, Kebumen (1986), SMP PGRI Sempor, Kebumen1993-1995), SMP N 2 Bukateja (1996-2014), SMK N1 Bukateja, Purbalingga ( 2014-sekarang).

LEAVE A REPLY