Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di MTsN 3 Mataram

0
147

Tepat pukul 07.00 WITA Selasa (01/10/2019) MTsN 2 Mataram melaksanakan apel peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2019 yang mengangkat tema “Pancasila adalah sebagai penguat karakter bangsa menuju Indonesia Maju dan bahagia”. Pelaksanaan apel hari kesaktian pancasila bertujuan untuk untuk mengenang kejadian dan korban atas tindakan kekarasan yang di lakukan saat terjadinya G 30 S PKI 1965.

Pelaksanaan apel peringatan hari kesaktian pancasila yang difokuskan di lapangan madrasah diikuti oleh seluruh dewan guru, staf karyawan, mahasiswa PPL dari Universitas Mataram, UIN Mataram dan universitas IKIP Mataram serta siswa-siswa MTsN 3 Mataram. Upacara diawali dengan parade 9 jenderal revolusi nasional korban tragedi G 30S PKI.

Parade, pahlawan revolusi nasional, tni, g 30 s pki

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Lalu Junaidi. Sedangkan petugas upacara terdiri dari siswa pilihan yang masuk dalam eskul paskibraka, masing-masing bertugas menjadi pemimpin upacara Muhammad Haikal, pemimpin pleton empat orang, pembawa acara, pengatur, pembaca UUD 1945, pembaca Ikrar Kesetiaan pada Pancasila dan pengibar bendera sebanyak 40 orang dengan menggunakan seragam serba putih dan peci hitam. Upacara berjalan sukses dengan khidmat dan lancar oleh para petugas dari awal hingga upacara berakhir.

Lalu Junaidi, dalam amanatnya menyampaikan menyampaikan sejarah singkat peringatan hari kesaktian pancasila, merupakan tragedi gerakan 30 September oleh PKI yang dikenal dengan G-30S PKI yang menculik para Jenderal Tentara Angkatan Darat kemudian dikuburkan dalam lubang buaya sehingga dengan kejadian tersebut oleh para tokoh Indonesia ditetapkan tanggal 1 Oktober  sebagai pemersatu bangsa dan rakyat Indonesia.

Lebih lanjut Lalu Junaidi mengungkapkan bahwa apel peringatan hari kesaktian pancasila ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik sebagai penerus Bangsa tentang tragedi G 30 S PKI serta pentingnya menjaga ideologi bangsa yaitu pancasila dalam rangka menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI)

“Pancasila adalah harga mati bagi bangsa  ini, arti didalam butir-butir pancasila mencerminkan jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat dan menghormati kebhinekaan.” ujar Junaidi. (@ruslanwahid)

Views All Time
Views All Time
29
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY