PERISTIWA TAK TERLUPAKAN JELANG 30 TAHUN MENGABDI ( Bagian 5. Pemenang Simposium Guru Mata Pelajaran PKn (non CTL)-2005)

0
7

Penulis sebagai guru mata pelajaran PKn SMPN 1 Pelaihari saat tahun 2005, tepatnya tanggal 5-9 September 2005 mengikuti kegiatan Simposium Guru Mata Pelajaran PKn Tingkat Kalimantan Selatan, di Asrama Haji Banjarbaru.   Kegiatan simposium ini diikuti oleh perwakilan guru mata pelajaran PKn dari kabupeten /kota se Kalimantan Selatan, dan penulis menjadi wakil dari Kabupaten Tanah Laut, dan pemenang yang terpilih nantinya akan dikirim ke tingkat Nasional di Bogor.

Kegiatan simposium tersebut tidak saja diikuti oleh guru mata pelajaran PKn, tetapi juga guru mata pelajaran lainnya yang diajarkan di jenjang SMP.  Dengan demikian, setiap kabupaten/kota mengirimkan guru dari semua mata pelajaran jenjang SMP, yaitu Pendidikan Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Kesenian, Olahraga, dan TIK/Keterampilan. Masing-masing guru mata pelajaran tersebut membawakan sebuah karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan penerapan mata pelajarannya, baik metode, alat peraga, model, dan sebagainya.

Penulis pada saat Simposium Guru mata pelajaran PKn (non CTL ), membawakan sebuah karya tulis tentang model permainan (game) MKJ atau Mencari Kartu Jawaban.  Model permainan (game) dalam pembelajaran ini, memang sudah lama penulis terapkan dalam proses pembelajaran, sekitar  5 (lima) tahun, di SMPN 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Model permainan (game) MKJ ini merupakan hasil inovasi pembelajaran penulis sendiri, bukan menggunakan karya orang lain.

Setelah melewati tahap seleksi dan penilaian, maka kemudian dewan juri atau tim penilai masing-masing mata pelajaran mengumumkan pemenang hasil Simposium Guru Mata Pelajaran, baik CTL maupun non CTL. Menjelang penyampaian hasil penilaian dewan juri tersebut, penulis diminta  oleh Ketua DPD BKPRMI Tanah Laut, Drs. Akhmad Rusyadi, agar ikut mendampangi beliau ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian kegiatan FASI (Festival Anak Shaleh Indonesia) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur. Penulis sore itu berangkat ke Jakarta menjelang malam penyampaian hasil dan penyerahan hadiah bagi pemenang simposium.

Sebenarnya, penulis tidak berharap dapat memperoleh prestasi dalam Simposium Guru Mata Pelajaran, baik CTL maupun non CTL tingkat Provinsi Kalimantan Selatan saat itu, karena merasa karya tulis yang penulis sertakan dalam simposium tersebut kurang meyakinkan. Penulis pasrah saja, dan akhirnya Penulis tinggalkan ke Jakarta saat malam penyampaian hasil dan penyerahan hadiah bagi pemenang simposium tersebut.  Ketika sampai di Jakarta malam itu, penulis mendapat SMS dari kawan guru SMPN 1 Pelaihari dan tetangga di komplek perumahan, yaitu Ahamd Muzani, S.Ag, bahwa penulis meraih juara atau pemenang pertama Simposium Guru Mata Pelajaran  PKn (non CTL)-2005, dan berhak mendapatkan jatah di tingkat Nasional, piagama, dan hadiah pembinaan.

Saat penyerahan piagam dan hadiah yang penulis dapatkan selaku pemenang pertama Simposium Guru Mata Pelajaran  PKn (non CTL)-2005, diwakili oleh Ahmad Muzani, S.Ag, yang kebetulan juga beliau ini mendapatkan pemenang pertama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Alhamdulillah, penulis dapat memperoleh prestasi dalam Simposium Guru Mata Pelajaran  PKn (non CTL)  tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, tahun 2005 yang lalu. Namun, sayangnya penulis tidak dapat menerima langsung saat penyerahan piagam dan hadiah bagi para pemenang pada saat itu, sehingga kurang dapat merasakan suasana saat penyerahan piagam dan hadiah bagi para pemenang hasil Simposium Guru Mata Pelajaran, baik CTL maupun non CTL,  saat itu.

 

#####

Views All Time
Views All Time
29
Views Today
Views Today
1
Previous articleTIGA KARAKTER GURU
Next articlePERISTIWA TAK TERLUPAKAN JELANG 30 TAHUN MENGABDI ( Bagian 4. Lomba Menulis Opini Pendidik se- Kalsel-2000)
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY