PERJALANAN TIM DIKDAS DISDIKBUD TALA DI KORWIL PANYIPATAN DAN TAKISUNG

0
22

Tim Bidang Bina Pendidikan Dasar Disdikbud Tanah Laut kembali melanjutkan jadwal kunjangan berikutnya. Pada kesempatan ini tim dikdas yang terdiri dari Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas), yaitu Bakti Purwanto  (Kasi Kelembagaan dan Sarpras) , Anang Haryanto (Kasi PDPK/Kesiswaan) ,dan Maslani (Kasi Kurikulum dan Penilaian) serta Rahmad Hadi, staf Seksi Kurikulum dan Penilaian  melaksanakan kunjungan hari ketiga  pada Senin, 13 Juli 2020 ke Kantor Korwil Kecamatan Panyipatan dan Taksiung.Kondisi cuaca pagi itu mendung, bahkan berpotensi kembali turun hujan. Sekitar pukul 08.45 WITA tim berangkat dengan tujuan ke Korwil Panyipatan. Ada perubahan rute awal dari Takisung ke Panyipatan, karena beberapa pertimbangan yang berhubungan dengan kelancaran tugas saat itu, sehingga saya perlu menghubungi Korwil Takisung, Zainuddin, atas perubahan rute tersebut. Perjalanan ke Panyipatan melalui jalan raya Batakan. Kondisi jalan saat itu masih basah, sehingga Anang Haryanto harus hati-hati menjalankan mobil dinas yang dibawanya.  Tim sampai di Kantor

Korwil Panyipatan sekitar pukul 09.20 WITA. Saat  itu hanya ada Rahmansyah,  staf yang menunggu di kantor, karena H.Syamsudin selaku Korwil sedang melakukan peninjauan ke beberapa SD di wilayah Panyipatan dalam rangka hari pertama masuk sekolah pada tahun ajaran 2020/2021. Setelah menyerahkan blangko ijazah SD dan segela kelengkapannya diserta penjelasan secukupnya, maka tim pun permisi untuk melanjutkan perjalanan ke tempat lain.

Sekitar pukul 09.00 WITA tim berangkat dari Kantor Korwil Kecamatan Panyipatan melanjutkan kegiatan pada pagi Senin tersebut. Tujuan yang akan didatangi tim UPTD SDN 2 Batu Mulya untuk memeriksa meja kursi bantuan Disdikbud Tanah Laut di sekolah tersebut. Saat tim memasuki sekolah tujuan, terlihat beberapa siswa  bersama orangtuanya sedang berkumpul di ruang kelas, namun sebagian ada pula yang pulang. Menurut informasi dari kepala sekoleh yang menemui kami, bahwa  sekolah menurunkan siswa kelas 1 (satu) untuk memberikan informasi tentang pembelajaran yang dilaksanakan  oleh sekolah dalam masa pandemi COVID-19 dan selanjutnya tetap belajar dari rumah.

Seusai memeriksa kondisi meja kursi bantuan dari Disdikbud Tanah Laut yang baru tersebut dan mendapatkan berbagai informasi dari kepala sekolah, maka tim dikdas permisi untuk melanjutkan perjalanan ke sekolah yang berikutnya. Tim melanjutkan perjalanan menuju UPTD SDN 1 Panyipatan dengan maksud dan tujuan yang sama, yaitu memeriksa kondisi meja dan kursi siswa baru dari Disdikbud Tanah Laut yang diterima oleh sekolah tersebut. Saat tim sampai di sekolah tersebut sekitar pukul 09.30 WITA yang disambut oleh kepala sekolah dan beberapa guru yang ada saat itu.

Kurang lebih 30 menit tim dikdas di UPTD SDN 1 Panyipatan, kemudian setelah melihat langsung kondisi meja kurisi siswa serta informasi dari kepala sekolahnya, maka tim dikdas permisi untuk melanjutkan ke Korwil Kecamatan Takisung. Waktu saat itu menunjukkan sekitar pukul 10.00 WITA, dan selanjutnya dilanjutkan menuju Takisung. Perjalana menuju Takisung ini melewati jalan tembus yang ada di Desa Sungai Riam Kecamatan Pelaihari dan nantinya keluar di dekat Puskesmas Takisung. Kondisi jalan tembus tersebut relatif baik, dari awal masuk jalannya dicor beberapa kilometer, sedangkan selebihnya beraspal.

Tim dikdas sampai di Kantor Korwil Takisung sekitar pukul 11.15 WITA. Kondisi cuaca saat itu cukup baik dan cerah. Sinar mentari cukup terang memancarkan cahayanya saat itu. Sesampai di kantor tersebut, tim dikdas disambut oleh Zainuddin, selaku Korwil Kecamatan Takisung,  beserta staf.  Seusai menyerahkan balngko ijazah/STTB dan kelengkapan lainnya serta urusan lainnya, tim dikdas permisi untuk melanjutkan perjalanan ke sekolah yang telah mendapatkan bantuan meja kursi dari Disdikbud Tanah Laut.

Sekitar pukul 12.30 WITA tim dikdas berada di UPTD SDN 1-2 Gunung Makmur, yang letaknya tidak jauh dari kantor Korwil Kecamatan Takisung. Tim diterima oleh kepala sekolah yang sudah menunggu sebelumnya. Oleh kepala sekolah tim dikdas dibawa melihat ke ruangan yang terdapat meja kursi siswa yang baru. Seusai melihat kondisi meja kursi siswa yang baru di sekolah tersebut, dilanjutkan ke UPTD SDN 2 Gunung Makmur Kecamatan Takisung,yang berada di depannya.

Dari UPTD SDN 1-2 Gunung Makmur tim dikdas meneruskan perjalanan ke UPTD SMPN 5 Takisung. Waktui saat tim meninggalkan sekolah tersebut sekitar pukul 13.00 WITA, dan tim sampai di sekolah yang dituju sekitar pukul 13.30 WITA. Sebelumnya kepala sekolah yang bersangkutan sudah dihubungi, karena khawatir tim dikdas datang agak siang. Tim dikdas sampai di UPTD SMPN 3 Takisung disambut oleh Husaini, S.Pd, selaku kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha yang masih berada di sekolah saat itut. Seusai berbincang-bincang dan bersilaturrahim dengan kepsek dan guru yang ada, tim dikdas dibawa menuju ruangan penyimpanan meja kursi siswa baru yang baru selesai dirakit oleh penyedia. Kondisi meja kursi siswa masih belum tersusun, namun jumlahnya cukup  dan kondisi baik semuanya.

Perjalanan tim dikdas di UPTD SMPN 3 Takisung menjadi titik tujuan akhir pada hari tersebut. Sekitar pukul 14.00 WITA k tim permisi dengan kepala sekolah dan guru yang ada saat itu untuk kembali ke Disdikbud Tanah Laut di Pelaihari. Alhamdulillah, perjalanan berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

#BangkitPendidikanNegeriku

#SinergiBersama

Views All Time
Views All Time
23
Views Today
Views Today
1
Previous articlePERJALANAN TIM DIKDAS DISDIKBUD TALA DI KORWIL PELAIHARI DAN BAJUIN
Next articlePERJALANAN TIM DIKDAS DISDIKBUD TALA DI KORWIL BATU AMPAR, JORONG, DAN KINTAP
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY