PERPUSTAKAAN GENERASI MELINIAL

0
15
Gedung IQRA Perpustakaan Daerah Kabupaten Tanah Laut, gedung termegah di Kota Pelaihari

Membaca dan menyimak berita koran Banjarmasin Post, Minggu, 2 Desember 2018, pada halaman 3, dengan judul berita “ Pengunjung Perpustakaan Tertarik Wifi Gratis”. Dalam berita awalnya disebutkan, minat baca warga Tapin mengunjungi perpustakaan semakin meningkat. Ini berarti minat baca warga Tapin semakin baik. Jumat (29/11) di dua perpustakaan Tapin milik Pemerintah Daerah Tapin itu selalu terisioleh pengunjung, ada yang sekedar mampir membaca buku dan koran, ada yang datang meminjam buku dan juga menjadikan tempat diskusi.

Menyimak berita koran tersebut, bahwa kehadiran perpustakaan pada era melinial ini harusnya mampu beradaptasi dan bersinergi dengan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat. Ketika perpustakaan dapat berdaptasi dengan bersinergi dengan kemajuan teknologi tersebut, maka menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengunjunginya. Salah satu bentuk adaptasi dan sinergi tersebut seperti menyediakan wifi gratis bagi para pengunjung perpustakaan.

Tertariknya masyarakat mengunjungi perpustakaan merupakan salah satu prestasi yang patut diberikan apresiasi kepada pengelola perpustakaan pada era melinial ini, karena mampu mengakomodir kepentingan generasi melinial. Kehadiran perpustakaan dengan inovasi yang mampu mengakomodir keperluan generasi melinial dengan berbagai fitur dan kecanggihan di dalamnya, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah perpustakaan.

Sebagaimana dimaklumi, bahwa perpustakaan daerah pada umumnya dikelola oleh tenaga yang bukan pada keahliannya atau bukan tenaga pustakawan. Kebanyakannya mereka tenaga administrasi perkantoran yang  ditugaskan di perpustakaan tersebut, sedangkan tenaga pustakawan masih sedikit, atau bahkan tidak ada samasekali.  Kondisi inilah yang menjadi penghambat perubahan dan perkembangan perpustakaan menjadi lebih maju dan beradaftasi dengan kemajuan teknologi.

Membangun perpustakaan yang mengkuti selera dan gaya hidup generasi melinial dselain dengan menyediakan wifi gratsis, maka perlu juga disediakan perpustakaan digital. Perpustakaan digital adalah organisasi yang melakukan kegiatan memilih, mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan koleksi digital. Perpustakaan digital menjadi sebuah keniscayaan yang patut untuk dipikirkaan dan diwujudkan dalam waktu yang akan datang sehingga perpustakaan yang selama ini menjadi tempat yang’wajib’ disinggahi untuk mencari buku yang berkualitas tetap menjadi alternatif pilihan utama oleh kalangan remaja dan pemuda karena wajah dan layanan perpustakaan yang beradaptasi dengan perkembangan zamannya.

Generasi melinial  adalah kaum  muda yang dinamis , sehingga aktivitas mereka perlu diapresiasi oleh semua pihak agar tidak menjurus ke arah negatif, terlebih lagi di perkotaan. Perpustakaan dapat mengambil peran yang tidak sekedar tempat untuk mencari buku atau membaca, tetapi melalui berbagai kegiatan kreatif yang dirancang perpustakaan dapat menarik remaja dan pemuda untuk datang ke perpustakaan. Misalnya dengan lomba atau bentuk kegiatan lain yang diminati oleh kalangan generasi melinial.

Kegiatan perpustakaan perlu segera dibenahi agar dapat  menampung aktivitas dan kreativitas kalangan generasi melinial yang beragam dan bervariasi.  Menyediakan layanan wifi gratis sebagaimana diberitakan oleh koran Banjarmasin Post di atas merupakan salah satu upaya pengelola perpustakaan untuk dapat menarik minat baca kalangan generasi melinial. Sementara itu, tidak kalah pentingnya adalah pola pelayanan di perpustakaan perlu juga untuk menyesuaikan dengan kehidupan dan gaya generasi melinial.

Kenyataan yang kita lihat dan rasakan selama ini, pola pelayanan di perpustakaan masih bersifat’tradisional’ ,kaku, dan terkesan kurang peduli dengan pengguna perpustakaan itu sendiri. Kalau selama ini  yang datang ke perpustakaan adalah mereka yang memang memerlukan perpustakaan itu sendiri, sehingga mereka ‘pasrah’ saja dengan sikap dan perilaku pelayan erpustakaan. Sikap dan perilaku petugas perpustakaan  perlu berubah dan lebih mengedepannya pelayanan yang prima, terlebih kepada mereka yang masih’ elergi’ dengan perpustakaan. Tidak apalah melayani pengguna perpustakaan seperti layaknya di hotel berbintang dengan sikap dan perilaku yang ramah, senyum, bersahabat, dan tanpa pilih kasih. Semoga .

###1279###

 

Views All Time
Views All Time
13
Views Today
Views Today
1
Previous articleGuru, ASN dan Tunjangan Berbasis Kinerja
Next articleKado Buat Guru Kemenag Pada Tahun 2019
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY