PPG Dalam Jabatan Tahap-1 Tahun 2019

0
94
www.kolaborasipengetahuan.com

Pengembangan diri dan asah skill dari seorang guru sebagai tenaga pendidik, diharapkan dapat berperan aktif melalui program pemerintah dan program mandiri. Salah satu program mandiri dapat dikembangkan melalui kegiatan KKG(Kelompok Kerja Guru) untuk Sekolah dasar, MGMP(Musyawarah Guru Mata Pelajaran) untuk Tingkat SMP dan SMA. Sedangkan program pemerintah dapat dikembangkan kemdikbud melalui P4TK ataupun Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan(LPMP) serta lembaga lain yang di tunjuk oleh Dikti sebagai pelaksana kegiatan yang disebut sebagai LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan).
Pengembangan diri yang sedang berlangsung pada tahun 2019 adalah Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan(PPG-DJ). Pelaksanaan PPG DJ ini dilaksanakan melalui Tahapan, yaitu Tahap-1 sampai dengan Tahap-5. Setiap Tahap harus melalui dan mengikuti struktur dan langkah-langkah pembelajaran yang disajikan yakni:
1. proses pembelajaran Dalam Jaringan(Daring)
2. proses pembekalan teori melalui workshop
3. proses PPL
4. proses Ujian Kinerja(UKIN)
5. proses Ujian Pengetahuan(UP)
Kelima proses kegiatan ini, harus dilalui agar dapat mengikuti tahapan proses berikutnya. Jika salah satu proses gagal, maka peserta tidak dapat untuk mengikuti tahapan selanjutnya.
Perlu kita ketahui bersama, hal ini sudah dilaksanakan sejak Februari 2019 untuk Tahap-1, dan akan berakhir pada bulan Mei 2019. Perlu diketahui juga, bahwa proses pembelajaran ini harus dilaksanakan satu persatu. Seperti halnya didalam Daring, penilaian dilakukan melalui aktif nya seorang peserta dalam kegiatan daring. Ini adalah hal penting yang harus di ketahui setiap peserta agar lulus Daring yaitu :
1. Kalkulasi login(statistik jam aktif)
2. Keaktifan diskusi (menanggapi bahan diskusi)
3. Kualitas Tugas yang diupload
4. Hasil ujian Formatif dan sumatif masing-masing modul yang disediakan.
Kompetensi yang disajikan dalam modul pembelajaran daring adalah kompetensi pedagogik dan profesional. Kompetensi pedagogik materinya sama bagi seluruh peserta. Sedangkan kompetensi profesional materinya disajikan sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu oleh peserta itu sendiri. Perlu diketahui juga, bahwa KKM(Kriteria Ketuntasan Minimal) peserta adalah diatas 75. Jika nilai ini tidak tercapai, maka dinyatakan tidak lulus.
Dari penjelasan singkat diatas dapat di lihat bahwa seluruh Tenaga Pendidik harus mengembangkan dirinya untuk meningkatkan konpetensinya. Dimana pengembangan konptensi ini akan lahir pengakuan bahwa seorang guru tersebut telah diakui profesinya dengan ijazah serdik(sertifikasi pendidik).
SEMOGA KITA PARA TENAGA PENDIDIK YANG PROFESIONAL DAN BERDEDIKASI TINGGI DALAM MENJALANKAN TUGASNYA DI DAERAH TEMPAT MENGAJAR KITA MASING-MASING

SALAM PENDIDIK
*PROFESIONAL, BERKARAKTER, BERDAYA SAING DAN BERMUTU*

Views All Time
Views All Time
76
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY