PRINSIP PENGEMBANGAN LITERASI DI SEKOLAH

0
16

Literasi yang umum di pahami sekarang adalah berkaitan dengan aktivitas membaca dan menulis, deklarasi Praha tahun 2003 menyebtkan literasi bahwa mencakup bagaimana cara seseorang berkomunikasi dalam masyarakat. (UNESCO, 2003 ) literasi juga bermakna praktik dan hubungan sosial yang terkait dengan pengetahuan. Program gerakan literasi sekolah dilaksanakan secara bertahap karena harus mempertimbangkan kesiapan masing-masing sekolah, akan tetapi intinya sekolah atau guru tetap harus menjalankan kegiatan literasi yang mungkin tidak terprogram, dengan kegiatan pembiasaan rutinitas yang baik dalam aktifitas sekolah sehari-hari, karena sekolah adalah garis depan pengembangan budaya literasi.

Beers (2009) mengatakan bahwa penerapan literasi di sekolah berdasarkan  beberapa prinsip, yakni :

  1. Literasi diterapkan sesuai perkembangan siswa yang dapat diperkirakan. Sekolah harus memahami tahap perkembangan siswa untuk menentukan strategi penerapan literasi yang tepatdan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
  2. Literasi diterapkan sesuai kebutuhan siswa. Beragam latar belakang siswa dalam satu sekolah, dan kebutuhan masing-masing siswa pasti berbeda. Strategi literasi seperti membaca dan menulis perlu divariasikan sesuai dengan jenjang pendidikan.
  3. Rogram literasi harus diintegrasikan dengan kurikulum yang berlaku.Pembiasaan literasi disekolah adalah tanggung jawab semua guru di sekolah tersebut, karena semua mata pelajaran apapun membutuhkan bahasa sebagai alat komunikasi terutama membaca dan menulis.Oleh karena itu peningkatan dan peningkatan profesionalisme guru terkait literasi perlu dikuasai oleh semua guru.
  4. Kegiatan literasi terutama membaca dan menulis perlu dilakukan kapanpun dan dimanapun. Terapkan kepada siswa kemanapun dia pergi untuk selalu senang membaca dan menulis.
  5. Literasi dikembangkan dalam kegiatan yang berbudaya lisan. Guru dalam menerapkan pembiasaan literasi diharapkan dapat memunculkan kegiatan lisan seperti pidato,diskusi,melaporkan hasil, memberikan kesempatan kepada siswauntuk bertanya dan menjawab.
  6. Literasi dikembangkan dengan kesadaran terhadap keberagaman di lingkungan sekolah. Sikap saling menghargai akan perbedaan harus diterapkan dalam kegiatan literasi seperti pengenalan budaya – budaya negara kita yang beragam. SALAM LITERASI
Views All Time
Views All Time
16
Views Today
Views Today
1
Previous articleKerajinan Membuat Keranjang Sederhana dengan Kertas dan Koran Bekas
Next articleRINDU YANG TERLARANG
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY