PUBLIC SPEAKING DIMASA PANDEMI

0
19

Istilah Public Speaking sudah tidak asing lagi di telinga kita, sebelum pandemi kita hanya akan menyaksikan seorang public speaking hanya pada acara – acara tertentu seperti di acara resmi, rapat, pesta, diskusi tertutup, atau ruang terbuka, dan hanya terbatas pada beberapa orang saja. Akan tetapi saat ini public speaking sudah menjadi lintas profesi, terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang menjadi public speaking dalam secara dadakan atau memang sudah profesi yang di geluti sebelumnya. Public speaking telah menjadi lintas profesi yang banyak diminati saat pamdemi seperti sekarang ini, selain memberikan kesempatan yang besar pada semua orang untuk berimprovisasi dalam berbicara sesuai dengan forum yang diikuti

 

Kondisi yang mengharuskan kita melakukan Social Distancing menungkinkan semua pekerjaan dilakukan secara online atau daring, pekerja atau karyawan yang berkerja dari rumah atau Work From Home ( WFH ),  pedagang yang memasarkan dagangannya melalui market online, tak terkecuali seorang guru yang banyak melakukan proses pembelajaran dengan siswa secara daring atau belajar dari rumah ( BDR ).  Kemampuan untuk berbicara di depan umum bukanlah suatu yang mudah, seoarng guru yang sudah terbiasa berbicara di depan siswa siswinya   di kelas, akan tetap juga mengalami demam panggung dan grogi saat berbicara di depan pimpinannya, pengawas sekolah atau suatu forum.

 

Menjadi seorang public speaking, perlu memperhatikan banyak hal agar seseorang tersebut dapat diterima oleh banyak orang dan tidak membuahkan cibiran orang. Terlebih lagi dalam forum komunitas guru yang sudah menjamur saat ini seperti IGI, IGVI, dan lain – lain. Akan mudah sekali kita jumpai kegiatan yang melibatkan seorang public speaking.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat tampil menjadi seorang public speaking, yaitu :

  1. Verbal / materi

Dalam menyajikan materi harus diperhatikan keefektipan dan keefisienan dalam proses penyampaiannya, Suatu even / acara yang diadakan akan menentukan derjat keformalan bahasa, janganlah menyampaikan materi kepada audience dengan berbahasa asing sementara audience tidak memiliki kemampuan berbahasa asing. Dalam penyampaian materi bisa juga menyelipkan gambar lucu, video, atau cerita – cerita lucu dan menarik..

  1. Performance/ Penampilan

Dalam sebuah forum online, penampilan secara keselururahan hampir menjadi tidak penting, walaupun hanya menampilkan  bagian wajah saja, sebagai seorag public speaking haruslah tetap menjaga penampilannya, karena penampilan dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Penampilan seorang public speaking akan ditentukan pada even yang akan dihadirinya.

  1. Audience / penonton

Seorang public speaking haruslah mengetahui siapa audience nya, cara dan gaya bahasa dalam meyampaikan materi pada forum yang dihadiri oleh kaum tua tentu tidak bisa disamakan forum yang dihadiri oleh pelajar. Seorang public speaking yang baik akan menjalin komunikasi yang baik dengan audiennya.

  1. Vokal / Suara

Vokal menjadi faktor yang sangat penting  bagi seseorang dalam berbicara, intonasi, alur materi, speed, artikulasi, gaya bahasa, intonasi, ritme haruslah menjadi suatu kesatuan yang dapat menarik perhatian audience.

  1. Theatrical

Ekspresi wajah, kontak mata dan kecakapan sikap menjadi sesuatu yang harus diperhatikan. Ekpresi wajah dalam berbicara akan dapat menenangkan audience, apalagi pada saat forum online berlangsung, diman audience hanya akan melihat wajah pembicara. Pada forum luring seorang public speaking haruslah melihat lawan bicaranya, Nah, bagimana dengan saat daring ? seorang public speaking haruslah yakin bahwa audience sedang memperhatikannya.

  1. Personal Branding

Proses memasarkan diri ini dibentuk melalui suatu citra yang dibentuk di khalayak ramai.

Biasanya seorang public speaking yang memiliki jam terbang yang tinggi akan memiliki branding dengan sendirinya.

Belajar atau pun menjadi public speaking dapat kita pelajari secara otodidak, walaupun saat ini banyak lembaga – lemabaga pendidikan non formal yang menyediakan jasa untuk  mendapatkan ilmu menjadi seorang public speaking,  oleh sebab itu seorang public speaking haruslah memiliki hal – hal dibawah ini;

  1. Kemauan yang keras
  2. Tujuan
  3. Latihan
  4. Meniru public figure
  5. Diskusi dengan ahlinya
  6. Menerima masukan dari orang lain
  7. Persiapan yang matang
  8. Tampil

Nah, bagaimana ? Anda siap untuk menjadi seorang public speaking ???

Views All Time
Views All Time
19
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY