RAKER  TIM LITERASI ACEH BESAR Penulis          :Juwita,S.Pd

0
5

RAKER  TIM LITERASI ACEH BESAR

Penulis          :Juwita,S.Pd

 

Salah satu penghargaan yang didapat oleh Kabupaten Aceh Besar tahun 2019 di resepsi Hardikda tingkat provinsi Aceh adalah bidang percepatan literasi dari 23 Kabupaten / Kota Aceh Besar meraih juara pertama. Ekstensi dari penghargaan tersebut maka tim literasi Aceh Besar mengadakan raker planning gerakan literasi untuk tahun 2020 di hari Sabtu 16 November 2019 bertempat di Sekretariat PAK UPTD wilayah 5 Aceh Besar

Rapat kerja dipimpin langsung oleh koordinator tim literasi Bapak Agus Jumadi,S.Pd, M.Pd, dan ketua tim Bapak Rusydi, S.Ag dengan  anggota tim yang hadir yaitu Juwita,S.Pd, Ailisa Mevta,S.Pd, Lisa Fiyerni,S.Pd, Muharril,S.Pd, Faridah Lia,S.Pd.

Arahan pertama yang disampaikan oleh koordinator bahwa raker ini diadakan untuk konsolidasi literasi tahun 2020 serta meng-upgrade tenaga literasi lainnya dari guru inti yang sudah ada di Aceh Besar, karena menggerakkan literasi secara menyeluruh dan konpeherensif perlu penambahan tenaga,mengingat geografis  Aceh Besar dan jumlah sekolah SD dan SMP yang banyak di Aceh Besar mustahil dijangkau oleh jumlah tim literasi yang hanya beberapa orang, jumlah guru inti yang akan dilibatkan untuk menggerakkan literasi lebih kurang 30 guru, dan akan diberi pembekalan kepada guru inti tersebut serta dibekali langsung oleh tim literasi tahun 2019.

Arahan selanjutnya disampaikan oleh ketua tim literasi Bapak Rusydi,S.Ag, beliau menyampaikan bahwa kunci keberhasilan suatu kegiatan termasuk juga dalam hal literasi ini ada 3 yaitu pertama program harus terencana dengan baik, kedua terorganisir dengan benar, dan yang ketiga adalah program terlaksana dengan baik. Harapan kedepan yang sangat penting adalah tim literasi tingkat sekolah yang dibentuk harus aktif bekerja sampai tuntas hingga melahirkan minimal sebuah buku hasil karya siswa, lebih lanjut beliau menyampaikan kedepan kita semua harus hijrah secara dinamis kearah yang lebih baik untuk kemajuan pendidikan di Aceh Besar.

Sesi raker terakhir disampaikan kembali oleh Bapak Agus Jumadi,S.Pd.M.Pd bahwa kedepan akan ada program 1000 siswa menulis di  Aceh Besar, dan kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar yaitu “ Satu sekolah satu buku” dan “ satu sekolah satu sudut baca”.

Hasil keputusan raker literasi adalah kegiatan pembekalan dilaksanakan selama 1hari yakni Kamis 5 Desember 2019 bertempat di SMPN Lampeuneurut, koordinator, ketua dan anggota tim masing-masing mendapat sesi tugas untuk menyampaikan materi pembekalan kepada guru inti.

 

 

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1
Previous articleDISDIKBUD TANAH LAUT MELAKSANAKAN BIMTEK ANTI KORUPSI BAGI KEPALA SEKOLAH. Bagian 2. Sesi Pertama Kepala Sekolah SDN Angkatan II
Next articleRukun Itu Indah Oleh:Wahyu siswa SD1Indrapuri
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY