Ramadan Di Rumah Aja (2) : Meraih Berkah Melalui Ibadah Sahur

0
11

Ibadah puasa identik dengan salah satunya bersahur. Ketika seseorang melaksanakan ibadah puasa bisa dikatakan tidak melaksanakannya jika tidak bersahur.

Bersahur artinya makan atau minum di waktu dengan tujuan untuk mempersiapkan diri dan bekal agar dapat berpuasa selama siang harinya.

Dari Anas r.a. Rasulullah s.a.w. bersabda : “Bersahurlah engkau semua, kerana sesungguhnya di dalam sahur itu ada keberkahannya.” (Muttafaq ‘alaih).

Ketika kita bersahur maka keberkahan akan keberkahan. Menurut Al Jurjan dalam Kitab At Ta’rifat yang disebut dengan “berkah” itu adalah “ziyadatul Khair ‘alal Ghair” (bertambahnya kebaikan kepada orang lain).

Lalu apa hubungannya dengan bersahur? Sesungguhnya bersahur bukan saja makan dan minum, akan tetapi momentum waktu itu yang sangat luar biasa. Karena, pada waktu sahur kita dapat melaksanakan shalat tahajud ,membaca Al-Qur’an dan munajat berdoa serta memperbanyak istighfar kepada Allah SWT. Sehingga mereka dikatakan sebagai ahli surga.

Allah berfirman, menceritakan tentang sifat ahli surga:

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِين وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

Merekalah orang-orang yang penyabar, jujur, tunduk, rajin berinfak, dan rajin istighfar di waktu sahur.” (QS. Ali Imran/3: 17)

Ibnu Katsir mengatakan, ayat ini menunjukkan keutamaan memperbanyak istighfar di waktu sahur. Dalam Tafsir Ibnu Katsir juga disebutkan, Nabi Ya’qub kemudian mengakhirkan permohonan ampun itu hingga waktu sahur, karena keberkahan yang terdapat pada waktu tersebut

Di samping itu, kebersamaan saat makan sahur bersama keluarga akan memberikan makna yang tidak bisa dibeli dan ditukar dengan apapun. Kebiasaan bersahur menjadi sesuatu yang akan membekas dalam jiwa anggota keluarga kita di masa yang akan datang.

Semoga situasi Pandemi Covid-19 yang membuat kita berada di rumah saja lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan lebih dekat bersama keluarga dalam meraih berbagai keberkahan hidup dunia dan akhirat. Aamiin Yaa Rabbal ‘aalamiin.

Jorong, Pelaihari:
05 Ramadan 1441 H/28 April 2020 M

Views All Time
Views All Time
26
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY