Ramadan Di Rumah Aja (7) : Kesabaran Yang Di Uji

0
14

Bulan Ramadan juga disebut dengan Syarhul Sabri (Bulan Kesabaran), karena pada bulan ramadhan ini kesabaran seseorang sedang diuji.

Syekh Abu Hamid bin Muhammad Al Gazali menyebutkan bahwa sabar itu terbagi 3 macam, yaitu :

Pertama, Ash Shabru ‘alal Tha’at (Sabar dalam ketaatan). Seseorang dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT. Diperlukan kesabaran, misalnya dalam melaksanakan ibadah puasa diperlukan kesabaran yang ekstra karena bukan sekadar menahan makan dan minum juga menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa dan pahala puasa.

Kedua, Ash Shabri ‘alal Musibah (sabar dalam menghadapi ujian atau musibah). Ketika seseorang mendapatkan musibah atau ujian hidup diperlukan kesabaran. Karena jika tidak sabar maka akan menyebabkan seseorang menjadi lupa diri dan bahkan prostasi bunuh diri.

Ketiga, Ash Shabru ‘alal Maksiat (Sabar dalam menahan diri dari melakukan kemaksiatan). Kesabaran ini diperlukan ketika seseorang mendekati kemaksiatan atau akan terperosok dalam kemaksiatan. Hal ini telah dicontohkan oleh Nabiyullah Yusuf as. Saat menghadapi godaan Siti Zulaikha.

Ada yang mengatakan bahwa sabar itu ada batasnya. Memang, kesabaran perlu kekuatan iman dalam melaksanakannya. Ketika Nabiyullah Ayyub As. Ditimpa penyakit yanguar biasa sampai keluarga beliau meninggalkan beliau, akan tetapi beliau tetap tabah dan sabar menghadapinya.
Kondisi kita saat Pandemi Covid-19 ini memang diperlukan kesabaran karena kekurangan dalam usaha dan sebagainya apalagi di saat menjalani ibadah Ramadan. Semoga kita diberikan kekuatan untuk tetap istiqamah dalam kesabaran.

Jorong, Pelaihari:
10 Ramadan 1441 H/03 Mei 2020 M

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY