Ramadhan dan Tradisinya

0
5

Hari ini ramadhan hanya menghitung jam. Tak terasa sudah setahun berlalu dari ramadhan tahun lalu dan semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari ramadhan tahun sebelumnya.amin.

Di sekolahku kemaren kami menyambut datangnya Ramdhan dengan berkumpulnya seluruh anak didikku di Mesjid Nurul Ilmi yang di mulai dari sholat dhuha berjamaah. Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha berjamaah acara selanjutnya diisi dengan tausiah yang dibawakan oleh Pak Bram.

Semua anak didiku antusias mendengar tausiah yang disampaikan oleh Pak Bram dan tak terasa putaran waktu cepat sekali berlalu. Tepat pukul 09.30 WIB semua anak didiku kembali ke kelasnya masing – masing dengan agenda tersendiri bersama walasnya.

Begitu juga dengan kelasku. Sesaat sampai di kelas aku lalu mengarahkan semua anak untuk berangkat menuju Saung yang ada di belakang sekolah. Sebenarnya hari ini aku ingin mengadakan perpisahan kelas bersama anak didikku namun apa daya karena keterbatasan waktu yang kami punya maka agendanya hanya bisa dilaksanakan di Saung dengan acara makan bersama.

Ketika acara makan bersama ini aku memandangi semua anak didikku dengan rasa haru karena tak terasa  sudah setahun mereka bersamaku dan di kesempatan ini aku meminta maaf lahir bathin atas semua perlakuanku kepada anak didikku. Satu hal yang aku tekankan kepada mereka bahwa semua yang aku lakukan di kelas saat bersama mereka hanya semata rasa sayang yang aku punya dan tak ingin satupun dari mereka untuk tinggal kelas.

Alhamdulillah mereka semua memaafkan atas semua yang aku lakukan terhadap mereka. Makasih sayang, Bu Eni menyanyangimu semua. Acara selanjutnya makan bersama dengan bekal yang telah dibawa masing – masing dari rumah.

Kebetulan pagi ini aku mendapat kiriman makanan Sala Lauk dari Mama Bani dan Mama Fairuz, Brownis dari Mama Hana dan kue Sarang Semut dari Mama Lakeisha. Terima kasih bunda, Sala Lauk, Brownis, dan kue Sarang Semutnya  sudah kami makan bersama anak dan semua anak menyukainya.

Semoga Allah membalas kebaikan para bunda dengan balasan yang berlipat ganda. Amin. Rasanya waktu hari ini tidak cukup untuk aku nikmati bersama anak didikku karena sejak ujian semester anak didikku pulang pada pukul 10.00WIB.

Setelah selesai makan bersama kemudian aku dan anak didiku kembali ke kelas untuk persiapan pulang. Sebelum anak didikku pulang tidak lupa aku memberikan buku catatan ramadhan yang harus mereka isi setiap malam. Sebelum pulang aku menyuruh anak didikku untuk saling bersalaman dan bermaaf – maafan.

Indah dan haru sekali acara hari ini meskipun melenceng dari schedule yang aku inginkan. Terima kasih nak semoga kalian semua selalu sehat meskipun berpuasa. Bu Eni selalu merindukanmu dan kalian semua akan selalu ada di hati ibu. Semoga di Hari Senin kita berjumpa kembali meskipun dalam kondisi ujian. Bu Eni yakin dan percaya pasti kalian semua bisa melaluinya karena kalian semua anak didik Bu Eni yang kuat.

Tradisi ramadhan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena biasanya setiap tahun dalam menyambut ramadhan Sekolah SDS IT Mutiara berpawai mengelilingi Komplek PT CPI Sebanga Duri. Aku rasa karena sesuatu hal maka tradisi ramadhan tahun ini di ganti dengan tausiah di Mesjid Nurul Ilmi.

Meskipun tradisi ramadhan tahun ini berubah namun masih tetap hangat dan ceria dalam menyambut ramadhan kali ini. Marhaban Ya Ramadhan……

Views All Time
Views All Time
33
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY