RANGKAIAN KEGIATAN AKHIR UJIAN SEKOLAH

0
8

RANGKAIAN KEGIATAN AKHIR UJIAN SEKOLAH

Oleh: Ida Rusmiyati

 

Hari ini adalah hari Rabu, tanggal 28 April 2021, masih dalam rangkaian kegiatan Ujian Sekolah, yang paling akhir adalah koreksi bersama. Seluruh panitia Ujian Sekolah terlibat di dalamnya. Kegiatan dimulai pagi ini dengan koordinasi dari Kepala Sekolah yang berisi teknis pelaksanaan koreksi bersama. Kami semua yang terlibat dengan kepanitiaan dan guru yang ditunjuk sebagai korektor 1 dan 2 menyimak dengan saksama koordinasi yang disampaikan. Koordinasi dan koreksi bersama dilaksanakan di Ruang Lab. IPA.

Kegiatan ini dirancang dengan baik oleh seksi penilaian. Penilaian Ujian Sekolah melibatkan 22 orang guru dari 11 mata pelajaran,yang terbagi menjadi korektor 1 dan 2, tiga orang penginput nilai  dan dua orang pembantu korektor yang tugasnya mengoreksi ulang, bila terjadi selisih nilai lebih dari 20. Semuanya bekerja dengan kompak sehingga kegiatan koreksi berjalan dengan tertib dan lancar.

Walau kegiatan Koreksi Ujian Sekolah dilaksanakan pada bulan Ramadhan, semuanya bisa berjalan dengan baik. Tak ada kesan lapar dan lemas,  dari korektor dan panitia. Bahkan semua berjalan dengan tertib dan khidmat seperti layaknya kegiatan Koreksi Ujian Nasional.

Ketika korektor 1 maupun korektor 2 selesai mengoreksi, petugas penginput nilai segera memasukkan nilai ke dalam nilai kelulusan. Suasana di dalam ruang koreksi terkesan serius tetapi santai. Terkadang ada sedikit senda gurau dari beberapa guru, untuk melepas ketegangan. Semuanya berjalan sesuai rencana.

“ Ayo…siapa yang sudah pening kepalanya, coba tunjukkan jari?” begitu celoteh dari salah seorang guru yang mengoreksi.

“ Lha …mau diberi obat apa to Pak?” tanya guru lainnya.

“ Saya bertanya tidak dalam rangka memberi obat to Bu, hanya sekedar tanya saja, dan memberi saran saja, bagi yang kepalanya pening karena mengoreksi.” begitu sambungnya.

“ yang kepalanya pening…silakan mukah! Hahahhahahah…!” semua yang ada di ruangan tersenyum dan ada pula yang tertawa.

Sejurus kemudian ruang koreksi kembali tenang. Semua tetap berkonsentrasi pada lembar-lembar jawaban peserta tes yang mesti dikoreksi.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 itu berakhir pada pukul 12.10. Bapak ibu guru yang sudah selesai melaksanakan tugas mengoreksi kemudian bergegas menuju Musala untuk menunaikan salat Zuhur saat azan sudah berkumandang. Tepat pukul 13.00 kegiatan usai, guru diperkenankan pulang, sedangkan untuk Staf TU diperkenankan pulang setelah pukul 14.00.

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar. Semoga membawa berkah bagi kami dan kita semua. Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah mulia.

 

Ungaran, 28 April 2021

 

#30harimenulisramadhan

#gbmharike-16

ReplyForward
Views All Time
Views All Time
42
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY