Remedial dan Pengayaan (1)

0
56

Remedial dan pengayaan bukan istilah baru dikalangan para pendidik. Istilah remedial digunakan sebagai rangkaian perbuatan oleh siswa untuk mengejar ketertinggalannya. Pengayaan pula digunakan sebagai rangkaian perbuatan oleh siswa untuk mendalami pembelajarannya yang disebabkan kelebihannya mendapati sebuah pembelajaran.

Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran remedial maupun pengayaan, kemampuan siswa telah diukur oleh gurunya. Penentuan seseorang mendapati remedial atau pengayaan, tergantung tingkatannya dalam mencapai standart kompetensi yang telah ditetapkan. Ketercapaian Standart Kompetensi yang diuraikan melalui kompetensi dasar dan indikator telah pula dijabarkan dalam sebuah langkah pembelajaran.

Unsur penetapan standart tersebut tertuang pula dalam “KKM” Kriteria Ketuntasan Minimal. Dalam penetapan kriteria ini selalu mempertimbangkan intake siswa, ketersediaan sarana, dan tingkat keterkaitan kompetensi tersebut.

Pengukuran pembelajaran siswa akhirnya mengklasifikasikan siswa dalam tiga katagori.
1. Kategori belum mencapai KKM.

Kategori ini diartikan belum mencapai standart kompetensi. Bisa jadi standart kompetensi secara keseluruhan atau hanya sebahagian kompetensi dasar, dan atau hanya sebagaian indikator dari uraian kompetensi dasar.
Untuk siswa yang berada digolongan ini, akan diberikan pembelajaran remedial.

2. Kategori telah mencapai KKM.

Siswa yang telah mencapai KKM, ini dianggap sebafai siswa normal, standart. Tidak ada perlakuan khusus bagi siswa siswa ini.

3. Kategori telah melebihi KKM.

Siswa yang melebihi ketercapaian KKM, biasanya menunjukkan prilaku aktif, cepat menyelesaikan tugas dibandingkan waktu normal. Jika guru kurang paham melihat ciri lakunya, biasanya anak ini cenderung suka mengganggu teman, atau justeru terlihat bermalas-malasan.
Siswa yang demikian ini diberikan pembelajaran Pengayaan.

Setelah mengetahui ciri siswa untuk pembelajaran remedial dan pengayaan, selanjutnya kita akan membahas apa dan bagaimana sebaiknya pembelajaran remedial dan pengayaan itu agar lebih efektif.

(bersambung..)

Views All Time
Views All Time
165
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY