Rintangan Bukan Hambatan Untuk Belajar Bersama Tunas Bangsa Indonesia

0
12

Indonesia merdeka diatas tetes darah pejuang. Para pejuang dengan penuh semangat, rela mengorbankan jiwa raga demi tanah air dan bangsa. Di jaman yg katanya jaman now, siswa-siswa kami patut diacungi jempol berjuang dalam menempuh pendidikan, semangat para pejuang bangsa telah mengalir dalam darah siswa-siswa pejuang pembelajar. Segala tantangan mereka tempuh demi setetes ilmu, mereka percaya akan ada cahaya melebihi lentera peneman belajar.

Sebagai guru kunjung bisa merasakan bagaimana tantangan siswa dimasa pandemi covid-19 atau dimasa normal. Tantangan-demi tantangan mampu dihadapi siswa saya dengan senyum mengembang, bagi saya yang baru pertama kali menyambangi pelosok desa tempat tinggal siswa, menjadikan diri ini cukup bersyukur dibesarkan orantua saya dan menempuh pendidikan hingga setinggi ini, tantangan siswa dengan bentang alam kecamatan satui yang cukup luas, jalanan yg becek dan licin, hujan yang tidak bisa diprediksi, masih banyak blang spot sinyal internet. Rasa syukur saya semakin meningkat atas nikmat ilmu yang didapat.

Yang mendasari saya menjadi guru kunjung karena sebagai guru produktif, kecil kemungkinkan melaksanakan praktikum dengan media online, dan juga sebaran internet diwilayah kami belum merata menjadikan tantangan tersendiri pembelajaran jarak jauh. Dua hal tersebut yang mendasari saya melaksanakan kunjungan ke rumah siswa.

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya mantapkan melaksanakan kunjungan kerumah siwa. Memperhatikan protokol ke kesehatan tentunya, tetap jaga jarak fisik, rajin cuci tangan, membersihkan barang yang sering disentuh dengan disinfektan. Memodifikasi alat praktek menjadi sepimpel mungkin untuk dibawa kemana-mana.

Sebuah pengalaman berharga setelah menjalani kunjungan ke rumah siswa, dengan jalan berliku, becek, penuh dengan truk tambang. Saya tidak bisa membayangkan siswa saya yang hari-hari melalui jalanan tersebut. Mungkin siswa saya tidak sehebat anak perkotaan, mungkin fasilitas menjalani kehidupan di tempat kami tidak selengkap diperkotaan, namun semangat anak didik saya dalam menempuh pendidikan saya acungkan jempol, terimakasih anak-anak hebat, teruslah belajar, realisasikan cita-citamu. Kami Indonesia, semangat belajar, salam sehat dari Satui, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

 

 

 

 

 

 

 

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY