RPP Keterampilan TIK (Daring)

0
13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DARING (DALAM JARINGAN)

Satuan Pendidikan : SDI Riyadlul Mubtadiin Kedok Turen
Mata Pelajaran       : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester    : I/ 1
Materi pokok          : Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

  1. TujuanPembelajaran
  • Peserta didik mengenal mengenal istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Peserta didik mengenal alat-alat Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Guru membuka pembelajaran dengan salam, ucapan sukur dan mengawali pembelajaran dengan bacaan basmalah (lewat WA Grup kelas)
      2. Guru memberi semangat pada siswa (lewat WA Grupkelas)
    2. Kegiatan Inti
      1. Guru mengenalkan alat-alat TIK dan fungsinya (melalui video singkat yang sudah dibuat sebelum pembelajaran, berisi : salam, bacaan basmalah, memberikan semangat dan tayangan gambar)
      2. Siswa memperhatikan tayangan video ((lewat WA Grupkelas)
      3. Guru membimbing siswa membaca literasi materi (lewat WA Grupkelas)
      4. Guru menerima pertanyaan siswa bila siswa belum jelas (lewat WA Grup kelas)
      5. Guru menjawab pertanyaan siswa (lewat WA Grupkelas)
      6. Guru memantau siswa belajar di rumah dengan mengecek siswa yang online
      7. Guru membuat pertanyaan yang dikirim lewat WA yaitu:
        Soal:
        * Apa itu TIK? Apa kegunaannya?
        * Apa saja alat-alat TIK? Apa kegunaannya?

8. Siswa mengerjakan soal di rumah (di tulis di buku kemudian difoto)

9. Siswa mengirim jawaban melalui WA japri

3. Kegiatan Penutup

  1. Guru memberi reward kepada siswa yang sudah mengirim tugas (lewat WA)
  2. Guru dan siswa menyimpulkan materi Pengenalan TIK
  3. Guru menutup pembelajaran
  4. Guru mengirim hasil pantauan pembelajaran Daring kepada Kepala Sekolah (lewat WA)
  1. Alat dan bahan: Laptop, HP android, buku referensi siswa, buku tulis siswa
  2. Metode: Daring (Dalam Jaringan)
  3. Penilaian/ Assesment: 1. Sikap (disiplin dan semangat mengerjakan tugas di rumah)
  4. Pengetahuan (jawaban soal yang dikirim siswa)

 

Malang, 1 April 2020
Guru Keterampilan TIK: Sundari, S.Pd

Mengetahui,
Kepala SDI Riyadlul Mubtadiin Kedok:  Nurul Ajiz , S.Pd,

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DARING (DALAM JARINGAN)

 

Satuan Pendidikan : SDI Riyadlul Mubtadiin Kedok Turen
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : I/ 2
Materi pokok : Pengenalan Program Pengolah Gambar
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

  1. TujuanPembelajaran
  • Peserta didik mengenal Program Paint
  • Peserta didik menu-menu Paint dan fungsinya
  1. Langkah-Langkah KegiatanPembelajaran
    1. KegiatanPendahuluan
      1. Guru membuka pembelajaran dengan salam, ucapan sukur dan mengawali pembelajaran dengan bacaan basmalah (lewat WA Grup kelas)
      2. Guru memberi semangat pada siswa (lewat WA Grupkelas)
    2. KegiatanInti
      1. Guru mengenalkan macam-macam Program Pengolah gambar, mengenal menu-menu dan fungsinya (melalui video singkat yang sudah dibuat sebelum pembelajaran, berisi : salam, bacaan basmalah, memberikan semangat dan tayangan gambar)
      2. Siswa memperhatikan tayangan video ((lewat WA Grup kelas)
      3. Guru membimbing siswa membaca literasi materi (lewat WA Grupkelas)
      4. Guru menerima pertanyaan siswa bila siswa belum jelas (lewat WA Grup kelas)
      5. Guru menjawab pertanyaan siswa (lewat WA Grupkelas)
      6. Guru memantau siswa belajar di rumah dengan mengecek siswa yang online
      7. Guru membuat pertanyaan yang dikirim lewat WA yaitu:
        Soal:
        * Apa itu Paint? Apa kegunaannya?
        * Apa saja menu-menu pada Paint? Apa kegunaannya?

        1. Siswa mengerjakan soal di rumah (ditulis di buku kemudian difoto)
        2. Siswa mengirim jawaban melalui WA japri

3. KegiatanPenutup

  1. Guru memberi reward kepada siswa yang sudah mengirim tugas (lewat WA)
  2. Guru dan siswa menyimpulkan materi Pengenalan TIK
  3. Guru menutup pembelajaran
  4. Guru mengirim hasil pantauan pembelajaran Daring kepada Kepala Sekolah (lewat WA)
  1. Alat dan bahan : Laptop, HP android, buku referensi siswa, buku tulis siswa
  2. Metode: Daring (Dalam Jaringan)
  3. Penilaian/ Assesment : 1. Sikap (disiplin dan semangat mengerjakan tugas dirumah)
  4. Pengetahuan (jawaban soal yang dikirim siswa)

 

Malang, 1 April 2020
Guru Keterampilan TIK: Sundari, S.Pd

Mengetahui,
Kepala SDI Riyadlul Mubtadiin Kedok:  Nurul Ajiz , S.Pd,

 

Views All Time
Views All Time
20
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY