WORKSHOP SATU GURU SATU KARYA (SAGUSAKA) INDRAMAYU

0
248

WORKSHOP SATU GURU SATU KARYA                                                                             DEPARTEMEN BIOLOGI UPI DAN IGI DAERAH INDRAMAYU

  

Setelah sukses melaksanakan kegiatan SAGUSANOV atau Satu Guru Satu Inovasi, yang telah dilaksanakan oleh IGI Daerah Indramayu bekerja sama dengan PT. Pertamina Persero, Bank BJB, MEGAN Cell dan PT Telkom Indonesia, IGI Daerah Indramayu kembali mengadakan kegiatan workhsop Kajian Kurikulum dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah yang dilaksanakan atas kerjasama Departemen Biologi Universitas Pendidikan Indonesia, IGI Daerah Indramayu, MKKS SMA Indramayu dan MGMP Biologi Indramayu dengan bentuk WORKSHOP SAGUSAKA.

Dari data yang ada, sangat sedikit jumlah guru yang melakukan penelitian pendidikan dan pembuatan karya ilmiah apalagi karyanya tersebut masuk jurnal ilmiah dari sebuah lembaga yang terakreditasi. Pentingnya seorang guru dalam melakukan publikasi ilmiah diperlukan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan profesi sehingga lebih maju, bahkan Steven R.Covey, (BPSDM-Kemendikbud, 2012) menyebutkan bahwa kegiatan publikasi ilmiah adalah salah satu bentuk upaya untuk memperbaharui mental.

Publikasi ilmiah dapat dimaknai sebagai upaya untuk menyebarluaskan suatu karya pemikiranatau gagasan  seseorang atau sekelompok orang dalam bentuk ulasan ilmiah dan  laporan penelitian baik yang sederhana seperti Penelitian Tindakan Kelas dan juga penelitian yang lebih kompleks, makalah, buku atau artikel. Publikasi ilmiah yang dilakukan guru pada dasarnya merupakan  wujud dari profesionalisme guru. Publikasi ilmiah secara akademik dapat dianggap baik apabila hasil karyanya tersebut bisa masuk ke dalam jurnal akademik dari lembaga yang terakreditasi.

Atas dasar pentingnya sebuah hasil karya ilmiah bagi para guru, maka IGI Daerah Indramayu bekerja sama dengan FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia berkolaborasi untuk mengadakan workshop melatih para guru membuat sebuah karya ilmiah sesuai dengan kaidah akademik. Kegiatasan ini secara umum oleh IGI Daerah Indramayu disebut sebagai gerakan SAGUSAKA (Satu Guru Satu Karya) yang pada akhir kegiatannya, para guru dilatih dan dibimbing oleh para dosen unggul dari Universitas Pendidikan Indonesia sampai peserta menghasilkan sebuah karya ilmiah sampai karyanya tersebut naik jurnal yang terakreditasi. Workshop SAGUSAKA ini juga merupakan bentuk kegiatan dari LPM UPI terutama Deapartemen Biologi Universitas Pendidikan Indonesia.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh 50 guru biologi SMA seluruh Kabupaten Indramayu yang dilaksanakan dari tanggal 21 Maret sampai dengan 5 April 2017 dengan durasi waktu 32 Jam. Kegiatan dilakukan secara In dan Out dengan materi yang telah ditentukan oleh Departemen Biologi Universitas Pendidikan Indonesia. Ketua Departemen Biologi FPMIPA UPI Dr. Bambang Supriatno, M.Si didampingi Koordinator kegiatan dari Universitas Pendidikan Indonesia Dr. Suhara, M.Si mengatakan kegiatan ini juga merupakan sebuah bentuk kegiatan dari LPM UPI terutama Departemen Biologi Universitas Pendidikan Indonesia untuk bisa memberikan manfaat bagi masyarakat pendidikan pada umumnya dan Indramayu pada khususnya.Pada pra kegiatan, seluruh narasumber dan peserta diajak untuk melakukan studi lingkungan di kompleks wana wisata ekosistem hutan bakau Karang Song Indramayu sebagai bentuk awal kegitan sebelum workshop di kelas.

Dilokasi kegiatan, Ketua IGI Daerah Indramayu Arifuddin, S.Pd, MT, didampingi Kepala SMA Negeri 1 Jatibarang Taufik, M.Pd sebagai tuan rumah,Kepala SMA Negeri Kandanghaur 1 H. Sulkhin, M.Pd, dan Ketua MGMP Biologi Kabupaten Indramayu Hj. Indayati, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini penting untuk para guru dalam rangka meningkatkan kompetensinya, menambah ketrampilan menulis dan membentuk rasa kepercayaan diri para guru biologi khususnya dalam melakukan kegiatan publikasi ilmiah, sehingga akan termotivasi agar karyanya berkualitas dan sampai masuk ke dalam jurnal akademik baik nasional maupun internasional. Kegiatan ini juga didukung sepenuhnya oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat melalui Kepala BPP Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah V yaitu Dra. H. Dewi Nurhulaela, M.Pd.

(Dok.Arifudin)

Views All Time
Views All Time
343
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY