Sebab Indonesia Dijajah Belanda 350 tahun

0
95

Bangsa Indonesia pernah mengalami zaman kejayaan di masa lampau, fakta sejarah yang menunjukkan hal tersebut adalah banyak peninggalan sejarah Indonesia kuno seperti candi Borobudur, candi Prambanan, dan candi-candi lainnya. Kebesaran bangsa Indonesia ditunjuukan lagi dengan adanya kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar di nusantara. Setelah runtuhnya kerajaan Majapahit muncullah kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah di nusantara seperti : kerajaan Ternate, Tidore, Makasar, Demak, Mataram Islam, serta kerajaan-kerajaan lainnya yang terletak di kawasan nusantara. . Banyak kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia setelah runtuhnya kerajaan Majapahit, tetapi sulit untuk bersatu. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab mengapa Indonesia dijajah Belanda sampa 350 tahun. Kalau saja seluruh kerajan di Nusantara dapat bersatu, mungkin penjajahan tidak berlangsung lama. Dibayangkan bangsa Indonesia yang begitu besar tak mampu mengalahkan orang-orang Belanda yang hanya beberapa gelintir saja yang terdapat di Indonesia. Hal itu bukan disebabkan karena orang-orang Belanda memiliki senjata canggih dan modern, melainkan ketidakmampuan bangsa Indonesia bersatu mengusir penjajah, melainkan bangsa Indonesia mudah diadu domba.

Hal tersebut apabila terjadi masa penjajahan itu wajar, karena bangsa Indonesia masih belum mengenal pendidikan. Namun apabila hal tersebut masih terjadi pada zaman sekarang tentunya sangat memprihatinkan. Kita tidak menyadari bahwa imperialisme modern masih berlangsung, bagaimana negara-negara maju dapat memanfaatkan Indonesia untuk diambil keuntungannya tanpa disadari oleh bangsa Indonesia itu sendiri. Pada saat menjelang pesta demokrasi (PEMILU) terjadi gesekan-gesekan politik yang dapat menyebabkan perpecahan bangsa, retaknya hubungan antar elit politik, tidak lagi memikirkan kemajuan, keamanan, stabilitas politik, ekonomi, hukum. Para politisi menghabiskan energinya untuk kepentingan golongannya. Memang kita tidak merasa dijajah pada zaman sekarang, tapi dapat dibayangkan dan dirasakan, apa yang kita gunakan, kita pedomani sehari-hari, benarkah produksi dalam negeri atau hasil budaya sendiri ?. Apabila mau introspeksi, mestinya kita sadar bahwa kita telah meninggalkan warisan luhur nenek moyang kita sendiri. dan mengagungkan budaya dari luar yang dianggap labih tinggi dan baik, meskipun dampak negatifnya luar biasa. Banyak di antara kita tidak menyadari bahwa kebudayaan  yang kita miliki sebenarnya memiliki nilai yang sangat tinggi.

Hal itulah mengapa Indonesia bisa dijajah Belanda sampai 350 tahun, karena di zaman sekarang saja sebab-sebab tersebut belum mampu memperbaiki. Semoga bangsa di negeri ini lebih mengedepankan persatuan dan kesatuan, keharmonisan, kesetiakawanan, yang dikemas dalam Bhinneka Tunggal Ika. Semoga elit-elit politik turut memberikan pendidikan tentang politik yang sehat dan penuh manfaat, mengajak masyarakat untuk membangun dan maju, sehingga mampu bersaing dengan bangsa lain di dunia.

Silahkan baca artikel selanjutnya :

Menanamkan Kesadaran Lebih Sulit daripada Membangun !

 

Views All Time
Views All Time
289
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY