SEBUTAN DIRI: SAYA ATAU BAPAK/IBU?

0
34

Sebutan diri, khususnya bagi guru ternyata merupakan hal penting dan berdampak besar dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis pada beberapa guru, termasuk pada penulis sendiri.

Beberapa guru menyebutkan diri mereka sebagai “saya” dan beberapa lainnya menyebut dirinya sebagai “Bapak/Ibu” kepada anak didiknya. Kata “Saya” pada awalnya terdengar elegan dan berkelas,  namun kata tersebut sepertinya lebih tepat digunakan untuk sebutan diri kepada teman sebaya, sedangkan kata “Bapak/Ibu” tampak lebih mengedepankan adanya ikatan batin antara anak dan orang tua.

“Saya” menunjukkan bahwa si pembicara tanpa sadar mengajak orang lain menganggap dirinya sepantar dengan lawan bicaranya atau membuat jarak antara pembicara dan lawan bicara nya. Umpan balik dari anak didik atas sebutan diri “saya” ini juga adalah “saya” dan “aku”. Maka jangan heran jika kita ber-“saya” pada anak didik, mereka pun akan ber-“aku” pada kita. Tentu ini terlihat kurang layak, malah menjadi tidak elegan.  Bisa jadi anak didik tidak akan menurut bahkan membantah perkataan kita karena mereka akan menganggap bahwa guru dan muridnya itu sebaya. Pada akhirnya dapat berdampak pada wibawa guru di mata anak didiknya dan orang lain yang mendengarnya.

Sementara itu, “Bapak/Ibu” menunjukkan bahwa si pembicara secara tidak langsung akan menanamkan pada anak didik bahwa lawan bicara adalah orang tua mereka. Jadi, umpan balik dari sebutan diri ini, anak didik akan ber”saya” pada gurunya, namun saya yang dimaksud di sini menunjukkan bahwa posisi mereka adalah sebagai anak, bukan sepantar.  Tentunya wibawa guru juga berpengaruh dalam hal ini. Lihat dan rasakanlah betapa menurutnya anak didik kepada kita.

Sebutan diri “saya” atau “Bapak/Ibu” kepada anak didik sungguh berdampak besar pada pembelajaran. Akan tetapi, tulisan ini hanya sekadar hasil pengamatan, bukan penelitian ilmiah. Semoga ke depan, akan ada kajian-kajian ilmiah mengenai hal ini.

Views All Time
Views All Time
175
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY