Sekolah yang dirindukan

0
4

SEKOLAH YANG DIRINDUKAN

Suasana sekolah yang bisa membuat peserta didik menjadi lebih bergairah dalam menjalankan aktivitas mereka. Suasana hati yang ceria, gembira, belajar bersama, menuangkan ide, menerapkan apa yang menjadi minat dan bakat menjadi berubah. Pandemi Covid 19 membuat pembelajaran menjadi jauh. Sekolah yang dulu ramai dengan aktivitas menjadi sepi dengan aktivitas. Kegiatan dunia pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa menjadi terganggu. Dengan penuh harapan penerapan pembelajaran yang dulu bisa diterapkan kembali.  Berkumpul bersama, bersenda gurau, dan lebih mereka harapkan adanya pendekatan secara psikologis.

Pembelajaran Jarak jauh belum sepenuhnya bisa melakukan pendekatan secara psikologis, membentuk karakter yang kuat. Adanya keterbatasan dalam ruang dan waktu serta tempat  Pembelajaran Jarak Jauh secara utuh belum mampu untuk menggantikan rasa kasih sayang, kebersamaan, dan psikologis. Dengan metode – metode terhadap dampak dunia pendidikan memang sedikit banyak membantu dalam kegiatan pembelajaran selama suasana pandemi covid 19.

Penerapan kurikulum khusus memberikan nuansa baru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dengan memperhatikan bahwa dunia pendidikan bukan sekedar mengajar tetapi yang lebih yaitu mendidik serta membagi ke arah yang lebih baik. Pendidikan karakter dalam membuat masyarakat terutama peserta didik menjiwai pentingnya kebersamaan, sosial dalam berkehidupan, saling membantu, dan merasakan ada rasa simpati serta empati.

Suasana yang seperti dulu menggambarkan betapa bahagia mereka. Suasana dalam melaksanakan pembelajaran dengan langsung dengan teknik dan petunjuk yang didapat. Mencoba apa yang sudah didapat. Pandemi adanya keterbatasa dalam berkreatifitas, mengembangkan ilmu, mempercepat proses pendidikan yang berkarakter.

Skill yang mumpuni di vokasi harus terus terwujud walau dalam suasana kondisi yang tidak sesuai dengan harapan. Vokasi semakin hari harusnya semakin terasah dengan sedikit terhambat oleh adanya situasi yang mencekam. Vokasi dengan dunia industri dan dunia usaha tidak akan terhenti oleh yang namanya pandemi covid 19. Inilah waktunya kita untuk meningkatkan skill serta mengasah terus.

Pendidikan merupakan perkembangan yang terus berlanjut tanpa batas. Nikmati pendidikan itu untuk hari dan masa yang akan datang. Jangan kita berhenti oleh sesesuatu yang membuat kita menjadi putus asa. Pantang menyerah membuat kita menjadi patah arang.  Jangan pantang menyerah terus berusaha untuk berjuang demi kemajuan pendidikan.

Selamatkan pendidikan dengan tetap semangat, menjadi modal masa depan, dan membuat bangsa dan negara lebih maju. Jadikan perubahan sebagai pecutan dan cambuk bagi kita. Cerdas berkarakter itu yang terbaik bagi bagi dunia pendidikan. Indonesia maju dengan sumber daya yang maju. Karakter yang kuat serta berahlak mulia. Budayakan Karakter yang menjunjung tinggi harkat dan martabat.

Oleh : Elfison Dahsananranca Syawtupan







>
 

Views All Time
Views All Time
13
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY