SESI MINGGU PERTAMA BIMTEK PENYUSUNAN SOAL JENJANG SMP

0
14
inas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut melalui Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan  Pendidikan Dasar  melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penyusunan soal jenjang SMP se Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan sesi minggu pertama bimtek tersebut, 20-27 September 2021  dibuka secara resmi  oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, Drs. H.Zainal Abidin,pada Senin, 20 September 2021, di aula SKB Pelaihari yang dihadiri oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, narasumber, Rifqan Hidayat, S.Pd.I, M.Pd.I, peserta dari guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  SMP se Tanah Laut.

Kegiatan pembukaan secara resmi oleh Kepala Dinas tersebut merupakan penanda dimulainya rangkaian kegiatan bimtek bagi guru SMP dari 7 (tujuh) mata pelajaran, yaitu PAI, PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS. Setiap sekolah (SMP)  mengirimkan masing-masing 1 (satu) guru dari 7 (tujuh) mata pelajaran tersebut.  Dalam pelaksanaannya, kegiatan bimtek diatur dengan sebagai berikut : (1) Senin-Rabu, 20-22 September 2021 dari mate pelajaran PAI; (2) Kamis-Jumat, 23-25 September 2021 dari mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia; (3) Senin-Rabu, 27-28 September 2021 dari mata pelajaran Bahasa  Inggris dan Matematika; (4) Kamis-Sabtu, 29 September -2 Oktober 2021 dari mata pelajaran IPA dan IPS. Selama kegiatan bimtek tetap muka ini tetap mematuhi dan menjaga protokol kesehatan dengan  menerapkan  3 M.

Seusai upacara pembukaan dilanjutkan dengan pelaksanaan bimtek itu sendiri yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari. Ada sebanyak 57 peserta yang diundang mengikuti kegiatan bimtek ini, baik dari sekolah negeri maupun swasta, dan dalam kegiatan bimteknya didampingi oleh narasumber yang berasal dari guru yang berpengalaman dan memiliki komptensi dalam penyusunan soal.  Selama 3 (tiga) hari peserta mengikuti  rangkain bimtek yang diisi dengan pemaparan materi tentang teori penyusunan soal yang sesuai kaidah penulisannya, pengenalan soal berbasi PISA (Program of International Assisment ) dan AN (Asesmen Nasional), serta praktik penyusunan soal dan pemaparannya.
Setelah mengikuti rangkaian kegiatan bimtek penyusunan soal selama 3 (tiga) hari, masing-masing peserta diharuskan membuat soal dan mengumpulkannya kepada masing-masing narasumber yang mendampangi selama bimtek. Hasil praktik penyusunan soal tersebut berisi kisi-kisi dan naskah soal tersebut dalam bentuk soal yang berbasis PISA dan AN yang masing-masing peserta mengumpulkan 5 (lima) naskah soal yang sesuai kreteria. Semua naksh hasil praktik tersebut disimpan dan dikirim dalam bentuk fail dokumen, bukan dalam bentuk tertulis atau cetak.
Kegiatan bimtek sesi minggu pertama, 20-27 Septmber 2021, berakhir pada Sabtu, 27 September 2021, yang saat itu diikuti oleh guru SMP dari mata  pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia. Kelompok mata pelajaran PPKn pelaksanaannya  di aula Disdikbud, sedangkan mata pelajaran Bahasa Indonesia di aula SKB.  Penutupan kegiatan bimtek dilaksanakan oleh oleh masing-masing narasumber yang saat akhir kegiatan mengisi materi/mendampingi peserta pada kelompokmata pelajaran pada sekitar pukul16.00 WITA  sebagaimana  jadwal  yang telah disusun.

#BangkitPendidikanNegeriKu

Views All Time
Views All Time
22
Views Today
Views Today
1
Previous articlePTM, DIANTARA HARAPAN DAN KEKHAWATIRAN
Next articlePengalaman Menerapkan Metode Pengajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY