SETELAH SAMSUNG,CASIO, PEN CHAT, DAN STABILO, KINI IGI GANDENG MICROSOFT

0
144

Pada hari Sabtu sampai Senin, tanggal 22-24 April 2017, Microsoft Indonesia mengadakan workshop untuk para expert teachers dari seluruh Indonesia. Tempat pelatihan berada di Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) Jawa Tengah yang berada di jalan Tarupolo Semarang.

Pelatihan diikuti oleh sejumlah 52 orang guru dari berbagai jenjang, mulai dari TK sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Para guru ini diminta untuk membuat poster dan mendisplay pada papan-papan yang sudah disediakan. Mereka kemudian mempresentasikan apa saja yang sudah mereka lakukan terkait dengan pemanfaatan teknologi untuk pembelajarannya. Presentasi dlakukan saat gallery walk di mana peserta saling mengunjungi stand teman sejawatnya.

Di tengah workshop yang sedang berlangsung pada Sabtu lalu, atas undangan dari salah satu mengurus IGI yang kebetulan menjadi expert teacher, PP IGI diundang untuk diajak membicarakan tentang kemungkinan kerjasama peningkatan kompetensi para guru Indonesia dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran, khususnya Microsoft Office 365.

Pembicaraan dengan Microsoft yang dihadiri oleh Sekjen IGI Mampuono, Teacher Engagement Manager Obert Hoseanto, salah seorang fellow teacher Andri Pradana, dan Anastasia Murtojo, Pengurus IGI Wilayah Jatim yang mengundang PP IGI, menghasilkan beberapa kesepakatan sebagai berikut:

1. Semua anggota IGI akan difasilitasi untuk bisa mendaftar dan mendapatkan akun Office 365. Saat ini admin Office 365 milik IGI yang memegang adalah Bu Anastasia Moertojo. Keutamaan memiliki akun ini di antaranya, anggota IGI bisa mendapatkan cloud storage yang bisa mencapai ratusan mega sampai satu tera bytes. Jadi guru akan banyak terbantu tidak hanya dalam tugas keseharian belajar mengajar yang berbasis IT, tetapi juga terbantu dalam menyimpan file-filenya yang juga mlahnya besar dan mungkin bisa memberatkan kerja ponsel pintar maupun laptopnya.

2. Mulai Juli 2017 Kepengurusan IGI di berbagai daerah dipersilakan membuat kegiatan pelatihan Office 365 durasi 32 jam (2 hari offline, sisanya daring). Microsoft menyediakan trainer (fellow dan one step to fellow teachers), akomodasi trainer, dan sertifikat. Sertifikat diperoleh setelah trainee dinyatakan lulus tes. Daerah sasaran yang diutamakan pertama kali adalah Jawa Barat dan Banten. Yang lainnya menyusul.

3. Setiap expert teacher Microsoft Indonesia yang saat ini masih dilatih di BPTIKP (sebagian pengurus IGI) memiliki kewajiban untuk mendiseminasikan apa yang sudah diperolehnya ke komunitas guru, jika IGI daerah mau bisa memberdayakan mereka ini untuk pelatihan guru-guru IGI. Mereka akan melatih secara free, dan sertifikat juga akan disediakan oleh Microsoft jika peserta dinyatakan lulus. PP berharap IGI benar-benar menjalankan semangat Sharing and Growing Together, sehingga para expert teachers ini lebih bersemangat, misalnya dengan menyediakan dana pengganti bensin setelah IGI menerima ilmunya. Untuk itu silakan para pengurus IGI bisa mendapatkan kontak para expert teachers tersebut dari Bu Anastasia Moertojo.

4. Dalam bulan ini sampai Juli 2017 Microsoft bersedia melatih 10 orang trainer utama IGI secara online dengan webinar melalui Skype for business. Akun Skype akan ditangani Mas @Yuche Pati dengan kerjasama bareng @mr mung. Pendaftaran untuk menjadi Microsoft Expert Teachers tahap pertama ini sementara masih dihandle PP. Pada tahap selanjutnya jangkauan akan diperluas. Ketrampilan yang diperoleh juga akan di diseminasikan.

5. Microsoft terbuka untuk kerjasama dengan siapa pun. Sementara ini Microsoft tidak melakukan memorandum of understanding dengan salah satu komunitas guru tetapi lebih memilih untuk melaksanakan aksi nyata yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh para guru. Jika IGI memang aktif untuk berkolaborasi dengan Microsof, maka Microsoft tentu akan memberi perhatian lebih kepada IGI.

6. Para guru IGI yang sudah dinyatakan lulus pelatihan akan diberi kesempatan untuk bisa mendiseminasikan apa yang sudah diperolehnya. Microsoft akan memberi kesempatan guru-guru IGI agar bisa berperan serta sebagai delegasi yang mewakili event-event Microsoft di tingkat Asia Pasifik dan dunia jika lolos seleksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian kesepakatan-kesepakatan yang sempat menjadi hasil pembicaraan kami pada Sabtu sore tadi. Semoga para pengurus daerah dan wilayah atau siapapun anggota IGI yang ingin me tingkatkan kompetensi melalui pemberdayaan IT bisa segera menindak lanjuti.

Terima kasih.

Mampuono
Sekjen IGI

Salam #menemubaling!👌

Views All Time
Views All Time
143
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY