SISI LAIN COVID-19 Oleh Febri Indra Wahyudi, UPTD SDN 1 Bumi Asih, Tanah Laut, Kalsel

0
16

Desember 2019 adalah tahun dimana dunia dikejutkan dengan munculnya penyakit yang disebut covid-19 (corona virus diseases-19). Virus ini awalnya berkembang di Wuhan, China. Penularan wabah virus ini sangat cepat hingga menyebar hampir ke semua Negara dibelahan dunia. Penularannya yang cepat menyebabkan jutaan orang yang terpapar virus ini dan ratusan ribu meninggal dunia.

Banyaknya korban akibat virus ini mendorong semua Negara khususnya pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan PSBB (pembatasan social berskala besar) adapun dampak diberlakukannya PSBB tersebut diantaranya tempat kerja dan sekolah-sekolah yang di liburkan.

Tetapi dari pandemic ini kita juga bisa mengambil pelajaran contohnya dalam dunia pendidikan, KBM (kegiatan belajar mengajar) yang sebelumnya dilakukan tatap muka sekarang diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). dengan menggunakan system pembelajaran daring ini, awalnya muncul berbagai masalah yang dialami siswa dan guru, dari tidak adanya smartphone, sinyal yang kurang bagus , ruang penyimpanan gadget yang semakin terbatas, kurangnya penguasaan dalam IPTEK, hingga kesulitan dengan KBM daring itu sendiri.

Tetapi seiring berjalannya waktu dari masalah tersebut ternyata terdapat hikmah bagi pendidikan di Indonesia. Diantaranya siswa maupun guru dapat lebih menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran daring, orang tua bisa mengawasi dan membimbing anaknya belajar dirumah sehingga menimbulkan hubungan yang lebih erat antara anak dan orang tua serta belajar disiplin untuk selalu hidup bersih.

Dan dengan banyaknya berbagai webinar gratis akhir-akhir ini diharapkan para guru agar bisa mengikutinya sehingga dapat mempersiapkan dan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring tahun pelajaran baru 2020-2021. sehingga KBM bisa berjalan dengan baik. dan harapannya agar pendidikan di Indonesia bisa lebih baik lagi, Aamiin.

 

Views All Time
Views All Time
26
Views Today
Views Today
1
Previous articleROADMAP GURU PENGGERAK “MERDEKA MENGAJAR” Oleh A.Syafi’e , SMPN 2 Kalumpang Utara, Kotabaru
Next articleWEBINAR, MENUJU PENDIDIKAN LEBIH BERSINAR Oleh : Husni Mubarak, M. Pd, UPTD SMP Negeri 8 Pelaihari, Tanah Laut, Kalsel
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY