Skenario Pembelajaran IPS tentang Keluarga (Daring)

0
26

I. Kegiatan Awal (5 menit)Guru mengecek kehadiran siswa dengan WAG.

1. Guru (pesan teks): Anak-anak yang Ibu sayangi dan Ibu banggakan, Assalamualaykum Wr. Wb

2. Siswa-siswi (pesan teks): Waalaykumusalam Wr Wb.

3. Guru (pesan teks): Selamat pagi anak-anak.. Apa kabar kalian hari ini?

4. Siswa-siswi: Selamat Pagi Bu, Alhamdulillah sehat

5. Guru (pesan teks): Alhamdulillah semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT; Guru mengecek daftar kehadiran siswa dengan mencocokkan foto diri siswa yang diunggah

Mari kita membaca doa sebelum belajar, berdoa….mulai….. Aamiin. Baiklah apa sudah siap semua untuk belajar, pada hari Sabtu yang lalu kita sudah belajar tentang apa anak-anak? Yang menjawabnya betul seperti biasa Ibu akan beri nilai… Ayo siapa yang sudah bisa langsung jawab.

6. Siswa-siswi (pesan teks):Yang menjawab ada 3 anak saja sudah cukup dan sudah pasti anak-anak semuanya berusaha menjawab.

7. Guru (pesan teks): Jawaban anak-anak sudah ibu catat, dan kemarin kita sudah belajar tentang apa itu lingkungan keluarga dan siapa saja anggotanya. Bagus sekali. Hari ini materi pelajaran kita adalah menceritakan kedudukan keluarga dan menceritakan peran masing-masing anggota keluarga. Anak-anak simak baik-baik Video berikut ini.

II. Kegiatan Inti (30 menit): Guru mengunggah bahan ajar berupa video.

8. Guru (pesan teks): kalian simak dengan baik. Simak videonya dengan baik ya… Siap anak-anak? Siapa saja yang ada di dalam video itu?. Apa saja tugas/pekerjaannya.

 

III. Kegiatan Akhir (10 menit): Guru menutup pelajaran

9. Guru: Anak-anak apa yang kita pelajari hari ini? coba dijawab ya semuanya, ibu akan kasih nilai. Sambil menunggu anak-anak menjawab guru membuat konsep untuk simpulan materi yaitu; 1. Silsilah keluarga mulai kakek-nenek, ayah-ibu, paman-bibi dan kalian; 2. tugas kalian sebagai anak apa saja; 3. Hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga; 4. Pekerjaan orang tua. Setelah selesai bisa diposting sebagai bukti bahwa Guru dan Siswa memperlajari materi yang sudah dipelajari.

10. Guru: baiklah anak-anak kita tutup pelajaran ini dengan membaca Alhamdulillah, sampai jumpa pada pertemuan yang akan datang dan semoga semuanya sehat, Akhir kata, Wassalamualaykum Wr. Wb

Mohon kritik dan sarannya, terima kasih………….Salam literasi,

Sundari, S.Pd, M.Pd

Views All Time
Views All Time
28
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY