SMA PKP JIS Laksanakan Pembelajaran Abad 21 Melalui Public Expose

0
30

SMA PKP JIS melaksanakan acara Public Expose dengan Tema “Membangun Budaya Penelitian Sekolah Melalui Kecintaan Literasi Membaca, Menulis dan Melakukan Penemuan Ilmiah” bertempat di Aula Al Kausar (27/02/2020).

Public Expose ini dibuka oleh Demisioner Walikota Jakarta Timur sekaligus Ketua Pondok Karya Pembangunan Bidang Usaha, yakni Drs.H. Andy Mappaganti, M.M.

Adapun Public Expose merupakan  serangkaian kegiatan serta program studi penelitian SMA PKP JIS yang dipesiapkan sejak Oktober 2019. “Tujuan diadakannya hal ini untuk mewadahi peserta didik berfikir kritis dan megabungkan pembelajaran Abad 21 yang menekankan 4C (Critical Thinking, Creative, Colaboration dan Communication)”. Tutur Harun Al Rasyid, M.Pd selaku ketua pelaksana.

Kegiatan ini menampilkan enam peserta didik kelas XI yang memaparkan karya ilmiahnya dengan beberapa judul. Antara lain: Nurrudin Prasetyo (Pengabdian Masyarakat; E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk Teh Desa Nglinggo),  Dinda Amaris (Pelestarian Kesenian Tari Lengger Di Desa Nglinggo), Rafif Majid (Analisis Tingkat Stress Pada Petani Teh Desa Nglinggo), Aulia Pramesti (Pemanfaatan Camelia Sinensis Khas Desa Ngliggo Dalam Bentuk Cookies), Raisah (Sejarah Eksistensi dan Pembendaharaan Museum Pers Sebagai Cagar Budaya), Ghina Desrizkymalia (Pengolahan Produk Susu Kambing Etawa dengan Pemanfaatan Gula Aren Sebagai Pembuatan Ghina Candy).

(Para panelis mengajukan pertanyaan atas presentasi yang dipaparkan. Foto:Doc.Pribadi)

Dalam sajian presentasi yang dipaparkan, tim panelis mengajukan pertanyaan dari panelis yang diundang dalam public expose, antara lain Drs.H.Endang Abutarya, M.Pd dari UHAMKA, Ken Norton dari Metro TV dan Dr.H.Tongato,M.Si dari Pondok Karya Pembangunan.

Tingkat Stress Petani Teh Desa Nglinggo yang dipresentasikan oleh Rafif Majid menjadi pemenang dalam ajang public expose di SMA PKP JIS dan akan dilanjutkan ke tahap perlombaan Karya Tulis Ilmiah tingkat Jakarta Timur.

(Rafif Majid mempresentasikan tingkat stres pada petani teh Desa Nglinggo. Foto: Dok.Pribadi)

Selain pemaparan karya tulis tersebut, Public Expose menampilkan Tim Denting yakni Tim Musikalisasi Puisi SMA PKP JIS yang menajdi juara pertama tingkat DKI Jakarta.

“Ini merupakan sebuah kemerdekaan belajar ala Mas Nadiem Makarim sebagai implementasi pembelajaran yang aktual dan berfikir kritis”. Ungkap Drs.Yayat W.Heriyanto, M.M, M.Ikom selaku Pimpinan SMA PKP JIS.

Views All Time
Views All Time
45
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY