Suasana Belajar Saat Pandemi Covid-19 Awal Januari 2021

0
10

Tidak terasa setelah liburan yang singkat kita semua akan memulai kembali aktivitas belajar mengajar di sekolah dengan pola belajar PJJ, Pembelajaran Jarak Jauh. Hal ini terjadi di karenakan corona atau covid-19 belum berakhir. Sebagaimana edaran dari Kemendikbud RI, bahwa daerah yang masih dalam zona merah di larang melakukan pembelajaran secara tatap muka. Sehubungan dengan larangan tersebut, kami mengikuti dan menerapkan pembelajaran secara On Line. Walaupun seandainya sudah bebas dari corona dengan prosedur sesuai keinginan pemerintah, sekolah kami sudah siap, sarana dan prasarana pembelajaran sesuai prosedur covid-19.
Pembelajaran minggu pertama belum bisa maksimal, karena masih banyak siswa yang bermasalah dalam beberapa mata pelajaran yang mengakibatkan dia tidak bisa menerima raport, jadi banyak siswa yang harus menyelesaikan dengan guru yang mengajar di kelasnya, bagi siswa yang sangat kurang nilainya, terpaksa orang tuanya di panggil agar bersedia mengawasi anaknya dalam pemenuhan tugas dari gurunya tadi. Walaupun raport yang di terima melalui media on line, tetapi tetap harus dengan nilai baik atau baik sekali.
Lain lagi dengan adanya pergantian guru yang mengajar, karena ada guru PAI yang pensiun, dan ada lagi guru PAI honorer yang lulus CPNS, terpaksa pihak sekolah mencari guru pengganti yang sesuai. Alhamdulillah ada dua orang Alumni IAID Darussalam Martapura yang bersedia menggantikan mengajar, salah satunya pernah Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah kami, Fitriana,S.Pd, dan yang satunya Fathurrahman, S.Pd kami pinta dari bapak dosen pembimbing PPL Institut Agama Islam Darussalam Martapura Provinsi Kalimantan Selatan. Keduanya siap untuk mengajar secara On Line di kelas nanti.
Pihak perpustakaan SMP Negeri 3 Banjarbaru juga terlihat sangat sibuk dalam menyiapkan buku paket yang akan dipinjamkan kepada siswa untuk semester genap. Orang tua siswa yang diperbolehkan mengambil buku paket dengan cara Drive True, sesuai aturan dan prosedur Tim Penanggulangan Covid-19 Kota Banjarbaru. Pihak koperasi sekolah juga sangat sibuk melayani penjualan seragam dan pernak perniknya jika nanti pembelajaran secara tatap muka sudah boleh dilaksanakan. Koperasi sekolah juga sibuk menyalurkan sepuluh paket Buku Modul pendamping siswa untuk di gunakan di rumah ketika pembelajaran on line.
Meskipun pandemi covid-19 belum tahu kapan berakhir, kita semua pasti berharap agar pandemi ini segera berlalu. Berapa banyak guru, siswa dan orang tua yang terpaksa harus terlibat dalam pembelajaran secara daring ataupun luring, dengan berbagai macam kendala dan keadaan, kita semua harus berani bersikap dan berbuat agar proses belajar mengajar tetap bisa berlangsung, baik itu secara dalam jaringan ataupun harus dengan cara luar jaringan. Semoga pandemi covid-19 segera berlalu, agar kita semua bisa kembali hidup normal seperti dulu. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.
Banjarbaru, 07 Januari 2021.

Views All Time
Views All Time
25
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY