Selamat Sore  Semangat Pagi

Pengunjung dan Pembaca setia BLOG IGI yang Hebat.

 

Diminggu terakhir Agustus ini kembali penulis meluangkan waktu berkunjung, menulis dan mengirim artikel ke BLOG IGI yang spesial ini.Dan pada sore ini penulis melihat daftar penulis sudah mencapai 1879 Penulis. Sedangkan jumlah artikel sebanyak 5095 artikel di BLOG IGI.

Ketrampilan menulis merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang dipelajari oleh penulis di BLOG. Melalui keterampilan menulis, penulis dituntut untuk kreatif dan aktif dalam berpikir dan beraktivitas sebanyak mungkin menuangkan ide-ide yang dimilikinya ke dalam bahasa tulis di BLOG IGI.

 

Menurut Akhadiah, S. dkk. (1988:2), menulis merupakan suatu proses, yaitu proses penilaian. Ini berarti dalam melakukan kegiatan menulis ada beberapa tahap, yakni tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap revisi. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang mempunyai tahapan.

 

Sementara itu, menurut Syamsudin (1991:2), dalam arti sederhana menulis itu mencoret-coret dengan alat tulis, dan dalam arti sesungguhnya menulis adalah salah satu jenis keterampilan berbahasa yang dimiliki dan digunakan oleh manusia sebagai alat komunikasi tidak langsung. Pendapat di atas menunjukan bahwa menulis merupakan salah satu cara dalam melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa harus saling berhadapan.

 

Kuswari (2009:28) mengungkapkan menulis merupakan kegiatan yang mengasyikan bahkan menulis bisa disebutkan sebagai kegiatan kreatif yang akan mengantarkan siswa menjadi orang yang sukses di bidang karya tulis. Maksud dari pengertian di atas bahwa dengan mempunyai kemampuan menulis dapat membuat sukses apabila dalam tulisan tersebut mempunyai manfaat untuk dibaca.

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003:1219) terdapat pengertian menulis yaitu melahirkan pikiran atau gagasan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis merupakan kegiatan yang bisa melahirkan kreativitas seseorang. Dengan demikian, tulisan mempunyai kekuatan yang sangat besar.

 

Tarigan (2005:15) menjelaskan bahwa menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Dalam hal ini, menulis merupakan kegiatan menuangkan bahasa lisan atau isyarat menjadi bahasa tulis (grafik) sehingga orang menjadi paham maksud dari apa yang disampaikannya.

 

Begitu pula menurut Wiyanto (2006:1), menulis adalah mengubah bunyi yang dapat didengar menjadi tanda-tanda yang dilihat, kemudian kegiatan menulis mengungkapkan gagasan secara tertulis. Sebuah bunyi yang terdengar, kemudian diolah oleh pikiran, sehingga bunyi tersebut dapat dijelaskan kembali dalam bentuk tulisan.

 

Alwasilah (2007:5) menyatakan bahwa menulis justru diawali dengan penggunaan bahasa secara ekspresif dan imajinatif seperti lewat catatan harian. Artinya, keterampilan menulis dapat diperoleh dari kebiasaan menulis. Membiasakan menulis berarti melatih diri menggunakan kosakata dan bahasa kemudian merangkainya, sehingga tercipta kalimat yang baik.

sumber :Blog Gerakan Menulis Bersama

Pada Grup TELEGRAM IGI se INDONESIA Bapak Ketua Umum IGI menshare :

MRR Muhammad Ramli Rahim:

29/04/17 10.27.22: MRR Muhammad Ramli Rahim:

Kawan-kawan IGI, apapun kegiatan IGI, mohon seluruh peserta diarahkan membuat tulisan singkat dan upload ke blog resmi IGI. Ini penting untuk syiar IGI dan membudayakan guru menulis.

 

Di blog IGI, guru bisa memiliki akun sendiri dan bebas mengupload tulisannya sendiri kapan saja dan dimana saja. Caranya sangat mudah :

 

https://blog.igi.or.id/video-panduan-cara-mendaftar-dan-menulis-di-blog-igi.html

 

Pada awalnya penulis menulis di BLOG IGI merupakan keharusan Peserta workshop SUMUT SAGUSAKU, karena itu salah satu tugas yang harus dilakukan peserta.

 

Jadi, pada hari pertama (26 Agustus 2017) mengikuti Workshop SAGUSAKU  di Medan, penulis mencoba mendaftar di BLOG IGI. Kemudian, pada hari ke dua(27 Agustus 2017) penulis mencoba membuat tulisan perdana dan mengirimkannya ke BLOG IGI.

Dan artikel perdana penulis yang dkirim untuk BLOG IGI adalah berjudul :

SUMUT SAGUSAKU WORKSHOP KE DUA KU

Demikian artikel SUDAHKAH ANDA MENULIS DI BLOG IGI HARI INI .Semoga menginspirasi penulis, pembaca khususnya alumni SUMUT SAGUSAKU 2017 .Pengunjung dan pembaca setia BLOG IGI yang hebat dapat memberikan kritik dan saran yang membangun pada kotak komentar di bawah ini.

 

Juhar, 29 Agustus 2018

ABDI EKA TARIGAN

Anggota IGI Kabupaten Karo

 

Baca juga :

1222 PENULIS dan 1222 KALI SUDAH DIBACA

SAYA SUDAH PILIH SAGUSAKU IGI

10 YANG PERNAH POPULER DARI ALUMNI SUMUT SAGUSAKU

JUDUL ARTIKEL YANG MONOTON atau JUMLAH ARTIKEL YANG MONOTON

Views All Time
Views All Time
105
Views Today
Views Today
1

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY