Tab 8 terbang ke UNM

0
58

Tab 8 Terbang ke Universitas Negeri Makassar (UNM)

Elyas
SMK Negeri 4 Yogyakarta
#Orang literat menemubaling
#Salam Odow, one day one writing
Baca juga di www.sagusabos.com
11-1-2018 pukul 08.00

Kemarin sore aku bersilaturahmi ke rumah dinas Bunda Daswatia P4TK Matematika, bertemu dengan salah satu koleganya, Bapak Muhammad Darwis. Beliau adalah salah satu dosen matematika di Universitas Negeri Makasar (UNM). Aku juga bertemu dengan Bapak Jadir suami dari Bunda. Meskipun nama itu tidak asing bagiku, tetapi bertemu secara tatap muka langsung baru pertama kali.

Pertemuan sore itu membawa misi “meracuni” menemu baling, menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga. Kesempatan itu pun aku tidak sia-siakan untuk memamerkan kecanggihan tab A 8. Aku buka tab 8 kutunjukkan kepada mereka salah satu aplikasi yang berupa S-NOTE. Kataku kepada beliau, S-note ini merupakan aplikasi yang sangat powerfull. S-note bisa dipakai mengakses teks, gambar, audio, video, Bagan dan lain sebagainya. Dengan S-note, dosen saat memberikan kuliah kepada mahasiswanya cukup menulis menggunakan pens yang tersedia di tab ini. Menampilkan gambar cukup menekan tombol insert. pilih gambar, klik, gambar itu akan ditampilkan di S-note. S-note ini juga memiliki fasilitas untuk merekam aktivitas yang kita kerjakan dari awal sampai dengan akhir, sehingga saat kita ingin melihat kembali apa yang kita berikan kepada mahasiswa atau siswa tinggal klik play.

Kabar bagusnya dengan bantuan alat anycast dan hdmi to vga, semua aktivitas yang kita kerjakan di tab ini akan terlihat langsung di lcd atau tv. Koneksi antara tab dan lcd dengan bantuan alat anycast, memanfaatkan wifi baik yang ada di anycast maupun yang ada di tab. Koneksi yang demikian disebut dengan nirkabel. Nirkabel memungkinkan guru atau dosen dalam menggunakan tabnya bisa mobile. Artinya seorang dosen atau guru, ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas bisa berganti posisi baik dari depan, samping, maupun belakang. Mobilitas yang demikian inilah yang sangat disukai oleh siapapun, termasuk guru dan dosen. Siswa ataupun mahasiswa cukup melihat layar yang ada di lcd.

Setelah puas aku memamerkan kecanggihan tab 8, tibalah untuk memulai menginstal peralatan metode menemubaling. Seperti biasa siapkan hp android yang terbaik, buka play store tulis menemu baling di smartphone. Selesai menginstal, buka menemubaling. Klik oke, klik pojok atas kanan, pilih install alatnya. Terdapat 6 gambar yang ditampilkan, installah satu persatu mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor 5. Jadi peralatan yang dibutuhkan untuk mengaktifkan metode menemubaling yang pertama adalah google. Kedua gboard, ketiga teks to speech, keempat voice alaud reader, dan yang kelima colornote.

Setelah semua terinstall di hp anda, langkah yang pertama untuk menulis bukalah aplikasi colornote. Klik tanda plus, klik teks, aktifkan mic yang ada di keyboard, dan mulailah bicara. Apa yang terjadi? Semua bicara anda akan dirubah menjadi teks, bahasa tutur anda seketika itu dirubah menjadi bahasa tulisan. Apapun yang anda ucapkan akan dirubah langsung menjadi teks yang bisa anda lihat secara langsung. Suara-suara anda yang indah itu, berubah menjadi tulisan yang sangat bagus. Membuat tulisan tidak harus dengan tangan tetapi cukup bersuara. Model yang demikian inilah sebagai revolusi literasi di era now.

Agar tulisan semakin bagus, lakukan editing secukupnya. Editing bisa dilakukan per kalimat dengan memanfaatkan keyboard gboard. Kehebatan keyboard ini micnya berada di pojok atas kanan. Teks, angka, simbol bisa langsung terlihat sehingga sangat mudah untuk mengedit apabila ada kata-kata yang salah, langsung dibenarkan saat itu juga. Proses yang demikian ini tidak membutuhkan waktu yang lama, dan hasilnya langsung dilihat secara nyata.

Saat tulisan sudah dianggap baik, langkah berikutnya adalah menyebarkan hasil tulisan kita ke seluruh dunia. Jangan lupa sebelum menyebarkan bisa kita dengarkan terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi voice alaud reader, yang telah diinstall di smartphone. Caranya klik pojok atas pada colornote, pilih kirim, klik voice alaud reader. Ajaib bukan??? Tulisan yang anda hasilkan bisa langsung didengarkan. Hebatnya voice alaud reader ini bisa membaca file-file yang berupa pdf, doc, html dan juga txt.

Tulisan dalam bentuk apapun entah itu opini, feature, ataupun buku-buku yang lain asal filenya berupa ekstensi tersebut di atas, bisa dibaca melalui aplikasi ini. Fenomena yang demikian inilah yang membuat membaca menjadi lebih mudah. Membaca cukup menggunakan telinga, sama persis saat mendengarkan lagu mp3. Membaca tidak lagi dipengaruhi oleh tempat, di manapun berada, di pastikan bisa membaca dengan baik. Apalagi dilengkapi dengan earphone bluetooth, mobilitas membaca semakin oke. Membaca bisa sambil mengendarai mobil, membersihkan rumah, memasak, bercengkerama dengan istri tercinta, bahkan sambil memejamkan mata.

Akhirnya, baik bapak Muhammad Darwis maupun pak Jadir langsung mempraktekkan menemu baling pada smartphone yang masing-masing. Dan saat itu juga pak Darwis memutuskan untuk segera memiliki tab A 8.

Gayung pun bersambut, impian pak Darwis saat itu juga aku wujudkan. Cukup transfer ke rekening Elyas Bank BNI No. 027 7684 44 9, tab 8 pun dalam pelukan pak Darwis dosen UNM. Beliu juga berharap akan menularkan kepada koleganya yang ada di Makassar, dan suatu saat akan mengundang mas Elyas untuk berkunjung ke sana , memberi pelatihan pemanfaatkan tab 8 untuk pembelajaran

Mau tab 8 beserta anycastnya dan bonus e-booknya cukup kontak HP/WA/Telegram ke 0857 4399 0045. Tunggu apalagi, saatnya memiliki tab 8 mendidik dan mengajar menjadi lebih mudah. Buktikan…😊😊😊

Views All Time
Views All Time
194
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY