TADARUS

0
4

TADARUS

Oleh: Ida Rusmiyati

            Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, kegiatan Tadarus banyak dilakukan oleh teman-temanku di sekolah. Seakan seperti lomba membaca, kami semua melakukan kegiatan Tadarus dengan penuh semangat.

“ Ayo Bu, kita Tadarusan!”, begitu ajak temanku sesaat setelah kami selesai melaksanakan tugas kepengawasan Ujian Sekolah.

Ajakan itu langsung segera kusambut baik, “ Iya Pak Hadi, monggo…!” kami pun menuju ke perpustakaan sekolah, Pak Hadi segera mengambil Alquran dari rak Ruang Referensi kemudian membacanya. Perpustakaan sengaja dipilih sebagai tempat yang tepat untuk Tadarusan karena situasinya yang sepi dan nyaman. Sementara teman-temanku lainnya ada yang  melaksanankn Tadarus di Mushalla sekolah, dan ada pula yang di ruang guru. Beberapa teman guru ada yang sudah menyelesaikan beberapa juz bahkan adapula yang khatam berkali-kali.

Tadarus sendiri menurut Az Zabiidi dalam kitab Taj Al Aruus, mempunyai makna membaca berulang kali, dengan disertai upaya memahami hingga seseorang mudah menghafal apa yang ia baca. Karena Tadarus itu sangat penting, Rasullullah SAW berkata:

“Tidaklah berkumpul sekelompok orang di rumah-rumah Allah, mereka membaca Al-Quran dan mempelajarinya, kecuali akan turun atas mereka ketenangan, diliputi kasih sayang kepada mereka, dan Allah akan menyebut mereka ada di sisiNya,” (Diriwayatkan Abu Hurairah RA).

Orang yang senantiasa bertadarus maka akan diberikan ketenangan dan namanya akan diangkat di sisi Allah SWT. Selain itu dengan bertadarus secara rutin, maka hafalan dan pemahaman Alquran dalam benak akan terjaga.

            Pukul 13.00 lebih, kami pun menuju mesin finger untuk memindai salah satu jari kami sebagai tanda kepulangan. Sesudah itu, kami bergegas pulang ke rumah masing-masing. Di antara kami ada yang berbelanja dahulu ke pasar sebelum pulang, membeli sayur mayor atau lauk pauk persiapan nanti petang untuk berbuka puasa.

Tadarus kami lakukan lanjutkan di saat-saat kami senggang di rumah.

Mari kita giatkan Tadarus untuk mencari berkah di bulan suci Ramadhan. Semoga Allah swt memberikan pahala yang berlimpah kepada kita semua yang melaksanakannya.

Ungaran, 26 April 2021

#30harimenulisramadhan

#gbmharike-14

Views All Time
Views All Time
19
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY