Tari Lenggo dan Beriok Tinjal Meriahkan HGN Ke 25 MTsN 3 Mataram

0
72
tari lenggi, tari beriok tinjal

Usai pelaksanaan upacara Hari Guru Nasional Ke 25 di MTsN 3 Kota Mataram pada Senin 25 November 2019 yang diikuti oleh seluruh civitas madrasah, kemudian dilanjutkan dengan beberapa acara hiburan diantaranya penampilan tari tradisional Lenggo dari Bima dan Tari Beriok Tinjal dari Sasak Lombok.

Tari Lenggo yang disajikan oleh siswi-siswi MTsN 3 Mataram berjumlah 10 orang berhasil mementaskan tarian khas Bima ini dihadapan para penonton. Para penonton dari dewan guru dan siswa-siswa terpukau dengan penampilan tarian Lenggo yang diiringi dengan musik khas tradisional begitu pula dengan penampilan tarian Beriok Tinjal menambah meriahnya peringatan Hari Guru Nasional Ke 25 yang dipentaskan oleh 10 orang siswa-siswi MTsN 3 Mataram.

Sebagaimana dikatakan Dewi Arisanti sebagai pelatih Tari MTsN 3 Mataram bahwa tari Lenggo adalah salah satu taritradisional yang berasal dari daerah Bima NTB. “Tarian lenggo awalnya merupakan tarian klasik yang muncul serta berkembang di lingkungan istana Kerajaan Bima, dan hanya ditampilkan pada acara-acara tertentu saja seperti menyambut tamu dan festival budaya guna melestarikan budaya daerah Bima”. Ungkap Dewi salah seorang guru BK di MTsN 3 Mataram.

Sedangkan dari Beriok Tinjal tambah Dewi adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah Sasak Lombok NTB. Tarian ini diciptakan dan dipopulerkan oleh seorang budayawan Lombok Abdi Hamid. Dalam tarian beriok tinjal menceritakan kegembiraan masyarakat Lombok, NTB karena keberhasilannya dalam memanen padi yang hasilnya melimpah, sehingga masyarakat Lombok pada saat itu tidak kelaparan, jelas Dewi.

Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman usai memotong nasi tumpeng sebagai tanda syukur peringatan hari guru mengatakan sangat mengapresiasi kepada siswa-siswa yang berhasil tampil gemilang mengibur dan memeriahkan acara hari guru ini dengan penampilan tarian Lenggo dan Beriok Tinjal.

“Apresiasi juga saya sampaikan kepada pelatihnya ibu Dewi Arisanti yang setiap hari meluangkan waktunya untuk membimbing dan melatih siswa hingga tampil dengan baik, begitu pula kepada seluruh panitia HGN Ke 25 saya ucapan terima kasih yang telah bekerja maksimal hingga acara ini berjalan dengan sukses, dari berbagai macam lomba seperti lomba kelas bersih, lomba puisi, dan lomba hiburan lainnya terlaksana dengan baik”, pungkas Suherman memberikan sambutan usai potong nasi Tumpeng. (@ruslanwahid)

Salam Literasi !!!

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY