Tata Nilai Budaya Kerja

0
21

Mempraktikkan Tata Nilai Budaya sebanyak tujuh point penting antara lain memiliki integritas yang baik, kreatif dan inovatif, pembelajar, menjunjung tinggi meritokrasi, terlibat aktif dan bekerja tanpa pamrih. Saya ambil salah satu untuk dibahas yaitu kreatif dan inovatif, kreatif itu bisa menciptakan sesuatu yang berbeda dari orang lain sedangkan inovatif menciptakan sesuatu yang orang lain belum pernah membuatnya.

Sebagai contoh masukan nih, kalau boleh saya bilang ide kreatif ya, pada suatu malam ketika seluruh penghuni keluarga sudah tidur, karena saking lelahnya mereka tidur pulas, ada nyamuk sedang menggigitpun tidak terasa. Saya coba membuat ramuan pengusir nyamuk dengan bahan-bahan satu bungkul bawang putih dicincang halus lalu ditaruh pada nampan, maka aroma bau bawang putih nyamuk tidak suka sehingga pergi.
Pembelajaran daring kreatif dan inovatif (student centered) yang berpusat pada siswa masih sulit dilaksanakan karena teknologi yang digunakan melesat bak anak panah yang melesat dari busurnya. Yang bisa dilakukan adalah dengan kegiatan yang lebih menekankan pada keaktifan dan refleksi saja dulu. Lebih menekankan pada presensi, kepatuhan yang mewajibkan siswa-siswinya mengenakan seragam, dan pengumpulan tugas yang diunggah lewat WAG.

Apa hubungannya dengan tata nilai budaya kerja? Kalau boleh saya berpendapat bahwa tata nilai budaya seorang guru adalah mencerdaskan anak bangsa dengan serius dan tanpa pamrih bisa memberikan nilai pada anak didik untuk berpikir kreatif.

Selamat menjadi guru idaman, salam literasi. (NDR)

*diambil dari berbagai sumber

Views All Time
Views All Time
26
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY