Teknologi Bot Telegram, Hadirkan Media Ajar Dalam Genggaman

0
1869

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi begitu pesat, melaju tak terbendung. Produk teknologi dengan segala dampaknya menjadikan adanya perubahan dalam tatanan kehidupan social, termasuk dampaknya dalam dunia pendidikan.  Yang paling nyata adalah penggunaan media social seperti telegram.  Saat ini aplikasi telegram tidak hanya sekedar sebagai media komunikasi online tetapi sudah menjadi multi fungsi. Dengan aplikasi ini manusia tidak saja bisa berinteraksi dengan sangat mulus memindahkan percakapan  antara smartphone, tablet, web dan bahkan di desktop, namun dengan teknologi bot telegram dapat pula difungsikan sebagai salah satu alternative membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbasis online dengan sangat praktis.

Sebagian kita mungkin sudah familiar dengan bot telegram. Namun boleh jadi,  ada juga diantara kita yang masih asing dengan istilah ini. Sebetulnya seperti apa bot telegram itu? Apa kegunaannya? Dan bagaimana membuatnya?

Pada tulisan ini sedikit saya mengulas tentang bot telegram. Bot itu singkatan dari ROBOT, sebuah karya ciptaan manusia ahli pemrograman (programmer) untuk membantu manusia memudahkan aktivitasnya. Bot adalah sebuah program komputer yang melakukan pekerjaan tertentu sesuai apa yang diperintahkan secara otomatis. Layaknya sebuah robot, bot adalah sebuah mesin yang dibuat untuk meringankan pekerjaan manusia. Dia akan mengerjakan tugas dan fungsinya sesuai dengan apa yang telah diprogramkan kepadanya. Ketika teknologi ini diterapkan dalam dunia pembelajaran, maka dapat dibayangkan betapa guru sangat terbantukan dalam menyampaikan materi ajar. Sebuah bot pembelajaran yang sudah berisi perintah tertentu, akan memudahkan peserta didik dalam mengakses informasi berupa materi pelajaran. Materi pelajaran dengan berbagai format file, baik berupa dokumen, audio, video, animasi sangat memungkinkan diakses dengan begitu cepat kapan saja dan dimana saja.

Kemudahan lain dari bot telegram adalah untuk membuat bot telegram, seseorang tidak perlu menguasai bahasa pemrograman. Berkat kemajuan teknologi, saat ini para programmer bahkan telah membuat bot yang berguna untuk membuat bot. Ibarat hendak membuat aplikasi, maka diciptakanlah sebuah aplikasi yang dapat membuat aplikasi. Namun tentu saja dengan batasan batasan tertentu. Meski demikian, ini adalah jerih payah yang harus diapresiasi karena telah membantu orang awam yang buta pemrograman dapat menghasilkan karya sendiri.

Untuk membuat media ajar berbasis bot, kita dapat menggunakan bot telegram yang bernama manybot. Dengan kolaborasi bersama botFather, sangat memungkinkan untuk  dirancang multimedia pembelajaran dengan interface fitur yang sangat interaktif. Kita dapat dengan mudah mendesain menu-menu yang berisi materi pelajaran, latihan soal, link web, link video, link pengumpulan tugas dan lain-lain.

Meski masih tahap pemula, penulis dapat memperlihatkan contoh sederhana media pembelajaran fisika menggunakan bot telegram. Bot telegram yang dibuat penulis bernama @besaran_fisikabot , dengan pokok bahasan Besaran dan Pengukuran. Tampilannya kurang lebih seperti berikut:

Beberapa fitur yang disediakan misalnya KI-KD, materi, latihan soal, link video, animasi dan lain lain. Sebagai contoh bila Anda mengklik menu LATIHAN SOAL, maka kurang lebih tampilannya seperti berikut ini.

Kawan pembaca, itulah sekedar gambaran dari penggunaan bot telegram untuk membuat media pembelajaran. Diharapkan dengan pengembangan yang lebih jauh dari penggunaan bot ini, tentu akan diperoleh media ajar yang benar-benar berkualitas, menarik dan memberi manfaat. Dan yang lebih penting adalah kini media ajar benar benar ada dalam genggaman kita.

Bila kawan-kawan pembaca tertarik untuk mencoba mempelajari aplikasi ini, berikut saya sertakan link video tutorial dasar untuk membuat media ajar berbasis bot telegram berikut:

  1. Membuat bot telegram, link video DI SINI
  1. Memberi perintah bot, link video DI SINI
  1. Membuat menu dan sub menu, link video DI SINI

Dan bila kawan-kawan tertarik pula untuk bergabung dengan komunitas belajar membuat media ajar menggunakan bot, silakan join di grup kami di  MSC Bot School .

Salam sukses, salam pendidikan. Jayalah pendidikan Indonesia…

 

Views All Time
Views All Time
1389
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY