TERIMA ANAK PUTUS SEKOLAH

0
9

SMK TEKKOM KENDARI merupakan salah satu satuan pendidikan yang unggul dalam sarana dan prasarana, dan juga merupakan salah satu sekolah swasta yang memiliki kompetensi keahlian pada bidangnya dengan melahirkan produktivitas anak-anak regenerasi yang mandiri dan bisa siap kerja dalam era globalisasi yang makin ngetrend dengan media digitalisasi.

hal ini tidak terlepas dengan penerapan adab bagi peserta didik untuk menjadi regenerasi insan kamil yang berguna bagi diri pribadi siswa, orang tua/wali, lingkungan sosial, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

setelah mengikuti dan menamatkan pendidikan secara berkelanjutan ataupun menjadi wirausaha yang bisa mandiri, dan atau siap kerja dalam dunia industri bidang teknologi tepat guna.

Salah satu program kerja SMK TEKKOM KENDARI pada tahun ajaran 2021 ini, juga menerima calon anak-anak peserta yang didik yang mengalami putus sekolah (menampung anak-anak putus sekolah pada tingat menengah atas-MA/menengah kejuruan-MK).

dimana pada masanya anak umur 17 s/d 20 tahun keatas masih dalam tahap bersekolah dan itu merupakan salah satu kewajiban kita semua baik itu masyarakat yang telah menjadi sebagai orang tua bagi anak-anaknya untuk peduli pada pendidikan bagi masa depan anak mereka yang putus sekolah.

Pihak terkait baik dinas pendidikan dan satuan instansi pendidikan juga berkewajiban untuk mendukung supaya anak-anak di wilayah seputaran tempat mereka tinggal dapat mengenyam pendidikan layaknya anak-anak lain yang masih aktif sekolah dan ikut belajar dalam kegiatan PBM (Proses Belajar Mengajar).

Bagi masyarakat orang tua atau saudara-saudari yang memiliki anak putus sekolah, maka SMK TEKKOM KENDARI Provinsi SULAWESI TENGGARA menerima anak-anak yang putus sekolah baik tingkat Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

SMK TEKKOM KENDARI ini memiliki fasilitas, luas area, dan gedung yang memadai untuk kebutuhan menampung anak-anak yang putus sekolah baik siswa yang berkebutuhan khusus maupun siswa yang mengalami banyak problematika dalam proses belajar.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Komputer (TEKKOM) mampu menciptakan tempahan produktivitas siswa yang siap kerja mandiri dalam dunia industri seperti membangun dan bekerja pada bidang usaha :

  1. Usaha Percetakan
  2. Usaha Advertising
  3. Usaha Multimedia
  4. Usaha Batu Prasasti
  5. Usaha Huruf Timbul
  6. Usaha Plat/Plakat
  7. Usaha Dekorasi Event
  8. Usaha Pengetikan
  9. Usaha Marketing Online
  10. Usaha Desain Grafis
  11. Usaha Cetak Buku
  12. Usaha Cetak Photo
  13. Usaha Pengelasan
  14. Usaha Rental Musik
  15. Usaha Iklan Junggle
  16. Usaha Buat Blogger
  17. Usaha Rakit Aplikasi
  18. Usaha Video Online
  19. Usaha Radio Online
  20. Usaha Media Jurnalistik
  21. Usaha Paket Pulsa Prabayar
  22. Usaha Bayar PLN Prabayar
  23. Usaha Bayar PDAM Prabayar
  24. Usaha SEO (Searc Engine Optimization)
  25. Usaha Buat Poster / Pajangan Dinding
  26. Usaha Digital Printing Cetak Cover Buku
  27. Usaha Mandiri Business Site , dan lain-lain.

Semua bidang usaha diatas merupakan sebahagian kecil dari giat berkarya yang sudah berkembang sekarang ini, dan masih banyak lagi usaha-usaha lainnya yang bisa diajarkan kepada siswa yang putus sekolah untuk tujuan setelah anak tersebut lulus dari SMK TEKKOM KENDARI minimal mereka mampu bekerja ditempat usaha-usaha tersebut diatas.

Harapan kita agar hasil produktivitas belajar anak didik dapat lebih maksimal, maka dengan hasil belajar yang baik dan benar untuk mendapat predikat terbaik.

siswa juga mampu mandiri dengan menciptakan peluang usahanya sendiri dan ini merupakan nilai plus positif thinking yang berguna bagi masyarakat banyak karena dianggap telah berhasil mandiri dengan membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat banyak terutama mengurangi angka pengangguran diwilayah tempatan lingkungan sekitar mereka.

Maka oleh karena itu bapak/ibu tidak usah khawatir tentang masa depan anaknya cukup mendukung dan berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk anak-anaknya agar Tuhan memberikan kemudahan jalan yang benar yaitu jalan yang lurus artinya jalan yang penuh dengan kebaikan bagi mereka dalam masa proses belajar di sekolah demi masa depan.

Jika memang anak-anaknya kita bersungguh-sungguh belajar di SMK TEKKOM KENDARI ini, maka anak-anak calon peserta didik akan diarahkan pada dunia usaha dalam kemandirian yang memiliki berjiwa kewirausahawan di era globalisasi sekarang ini.

sebagai penggerak atau penyelenggara produktivitas  regenerasi masa depan bangsa pada dunia industri usaha,

mandiri dalam mengikuti perkembangan dan kemanjuan teknologi tepat guna menuju kewirausahawan yang beradab, berjiwa besar, dan mulia sebagai sebutan regenerasi insan kamil (manusia yang berakhlak mulia).

mengapa?! “Karena ilmu tanpa adab sama seperti makhluk yang tidak memiliki akal dan fikiran. Jadi lebih baik memiliki adab dari pada memiliki ilmu tinggi tapi tidak beradab.”

Mungkin inilah kesempatan dan peluang bagi calon peserta didik untuk dapat lebih memahami dan mampu menerapkannya dalam masa depan yang akan datang.

karena di masa depan yang akan datang untuk kategori bidang usaha yang disebutkan diatas dengan 26 (dua puluh enam) item usaha yang tersebar sekarang diberbagai penjuru daerah wilayah setempat, dapat dan mampu dikerjakan oleh satu orang tenaga ahli.

wOw.. bayangin saja berapa tenaga kerja yang sudah tak terpakai dalam jenis usaha tersebut diatas?!

bagi yang mampu mengelola jenis usaha-usaha tersebut diatas, dan sudah tentu pasti hal ini sudah banyak menggunakan mesin digital dan mesin-mesin untuk pemenuhan kebutuhan pasar yang didukung dengan peralatan kerja serba menggunakan mesin.

jadi hal inipun dapat mengurangi cost dalam biaya tenaga kerja operasinal usaha (pengeluaran uang) bagi karyawan.

Semua ini hanya membutuhkan teknik pengerjaannya  saja dan dilakukan oleh yang ahli.

dari sebahagian pekerja lepas dipergunakan untuk team pembantu kerja dengan upah kerja harian atau mingguan.

wOw amazing..?

coba bayangkan jika hal ini sudah terjadi?!, jadi kalian mau kerja apa lagi?!,

sebab posisi dalam dunia usaha seperti tersebut diatas dapat dikerjakan oleh orang yang memiliki ilmu leader kewirausahawan dan terampil tersebut cukup hanya butuh 1 (satu) orang tenaga ahli untuk mengelola usaha-usaha pekerjaan seperti tersebut diatas.

Jadi anak-anak kami sebagai penerus regenerasi bangsa yang cerdas dan tentunnya memiliki akhlak yang mulia dan beradab bagi kemajuan daerah harus peka dan menyadari tentang tantangan globalisasi dan memanfaatkan peluang dan kesempatan berkarya mandiri siap kerja dalam dunia usaha yang ada pada era zaman sekarang ini yang semakin berdaya guna dalam perkembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang ilmu kewirausahawan.

Hal ini juga tantangan kita bersama untuk mendidik regenerasi bangsa kita menuju regenerasi insan kamil “SMK TEKKOM BISA SIAP KERJA”

Nah.. dari itulah guru sebagai orang tua kalian di sekolah memberi bimbingan dan menasehati kita berarti guru dan orang tua kita itu kasihan kepada kita dan hal ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anaknya untuk dapat bekerja mandiri dalam dunia usaha yang berhasil dan sukses.

tentunya orang tua berfikir untuk diri kamu sendiri, sehingga hidup itu tidak menjadi beban bagi orang lain, dan tentunya kalau kamu sudah berhasil sukses nanti, justru kamu dapat menampung beban-beban orang disekitar kamu yaitu pada umumnya permasalahan itu pada pendapatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Ingat.. Toh.. nasehat guru sebagai orang tua kamu juga di sekolah.., Toh.. pastinya kamu juga harus berguna bagi diri sendiri, keluarga, orang tua, dan orang banyak baik masyarakat disekitar, dan masyarakat luas pada umumnya dalam berbangsa dan bernegara dalam menjalin persatuan dan kesatuan secara ikatan kekeluargaan bertanah air Indonesia.

Silahkan klik daftarkan anak anda sebagai calon peserta didik dengan mengisi FORMULIR atau FORM Daftar Online yang telah tersedia ini.

14-07-2021, Joernal Di Tulis Oleh. Junirullah Sebagai Tendik “Tenaga Kependidikan” SMK TEKKOM KENDARI, dan juga berprofesi sebagai Seniman dan IT dalam dunia Jurnalistik di Media Nasional INISUMUT.COM

Views All Time
Views All Time
27
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY