TERNYATA, PERUBAHAN BENAR ADANYA. Bagian 1. Undangan yang Membuat ‘Galau’

0
10

Tidak ada angin dan tidak ada petir, tiba-tiba hujan turun di saat sang matahari yang bersinar terik.  Jalan pun mulai berubah haluan, berubah 180 derajat dengan kondisi berputar secara mendadak, sehingga badan pun sempat oleng dibuatnya. Peran yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, tidak pernah didamba-dambakan, tidak ada dalam bayangan, apalagi suatu ambisi yang berlebihan alias ambisius.

Namun, Tuhan Yang Kuasa, Allah Swt, memiliki rencana yang lain terhadap nasib dan perjalanan karir penulis. Percaya dan sadar atas kuasa Tuhan Yang Maha Kuasa itu, membuat penulis sadar akan arti sebuah takdir, ketetapan Allah itu mutlak adanya. Tidak ada peran siapa  pun yang dapat mengubah atau menentukannya. Hanya Allah Swt lah memiliki ketetapan mutlak atas diri makhluknya, tidak terkecuali bagi semua manusia, dan khususya diri penulis sendiri.

Kabar-kabur yang berhembus kencang selama beberapa bulan terakhir ini, tidak dapat menjadi sebuah kenyataan, hanya sebuah ilusi dan obsesi semata yang jelas rimbanya. Tentu, banyak spekulasi, persepsi, dan bahkan argumentasi untuk menganalisis kabar-kabur tersebut yang didukung oleh sedikit fakta imperis, kronoligis nisbi, dan asumsi-asumsi yang berkembang liar dalam wacana publik.

Namun, akhirnya berbagai spekulasi, argumentasi, maupun asumsi liar pun terpecahkan dengan adanya undangan yang penulis terima sesudah shalat Isya. Ada rasa gembira sebelum membaca seluruhnya, tetapi menjadi gundah gulana ketika membaca dengan penuh seksama. Kedatangan surat undangan yang dikirim oleh pejabat tinggi yang menjadi atasan penulis selama ini bukan isapan jempol dan asumsi belaka. Tertulis nyata dalam kalimat resminya, namun bagi penulis semunya penuh tanda tanya.

Penulis mau coba bertanya kepada yang mengirim surat melalui WA, namun tidak mampu terungkapkan dengan tulisan apalagi kata-kata. Biarlah penulis menerimanya dengan disertai seribu satu tanda tanya, akan kemana penulis berada setelah besok dibacakan surat keputusan resminya. Apakah tetap di  jalur yang sama dengan tempat tugas yang berbeda, atau berbeda jalur dan tempat yang berbeda,

Seribu satu tanda tanya masih mengganggu di alam pikiran dan hati penulis. Kepada siapa dapat bertanya, karena bukan kehendak penulis untuk merubah jalur pengabdian hidup selama ini. Penulis merasa nyaman berada di jalur yang sudah dijalani lebih dari seperempat abad, sudah menyatu dengan aliran darah, menyatu dalam denyut nadi, menyatu dalam hati, dan menyatu dalam sanubari. Lalu, apakah undangan tersebut akan merubah jalur nyaman yang sudah sedemikian lama penulis geluti? Wallahu’alam.

###curhat2019###

Views All Time
Views All Time
7
Views Today
Views Today
1
Previous articleMelahirkan Siswa yang Unggul Bidang Sains, Ini yang dilakukan MTsN 3 Mataram….
Next articleTERNYATA, PERUBAHAN BENAR ADANYA. Bagian 2. Pintu Masuk pun ke Jalur Lain Terbuka
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY