TERNYATA, PERUBAHAN BENAR ADANYA. Bagian 2. Pintu Masuk pun ke Jalur Lain Terbuka

0
6

Saat yang mendebar-debarkan pun mulai mendekat. Tidak ada lagi upaya dan jalan untuk melapaskan diri,  selain berjalan dan menatap ke depan, meski itu hutan belantara yang menakutkan, gelap gulita, banyak onak dan duri, dan terkenal dengan hukum rimba: siapa yang kuat, maka dialah pemenangnya. Langkah pun sudah ditegakkan ketika hati mulai tenang dengan bersandar atas ketentuan dari Tuhan Yang Kuasa, Allah Swt.

Detik demi detik mulai berlalu, dan akhirnya terkuat mesteri dan terjawab semua pertanyaan yang berkecamuk dalam alam pikiran. Pintu masuk ke jalur lain mulai terbuka saat dibacakan surat resminya, saat dimana semua orang menanti akan kemana tempat pengabdian kepada bangsa dan negara berada. Penulis memperhatikan dan mendengarkan dengan seksama, akan kemana jalur perjalanan karir akan berada, hingga terdengar pembaca surat keputusan penguasa menyebutkan nama penulis.

Ternyata pintu pun terbuka dan jalur karir pun lain dari yang semula. Lega mendengarnya, terjawab tanda tanya, terkuak misteri yang ada, namun terlapas dari jalur nyaman yang sudah  dijalani sangat lama. Terbayang sebuah jalur yang temaram, terjal dan berliku, ada jurang nan dalam yang menghadang di kanan kiri, sangat kontras dan sangat berbeda dengan jalur yang sudah puluhan tahun dilalui. Mata pun harus segera dibuka lebar-lebar, telinga pun harus banyak mendengar, dan jejak langkah mestinya tetap tegar.

Amanah sudah dipindahkan ke jalur yang baru, tugas baru pun sudah menunggu. Telah diucapkan kata sumpah dan janji, mengikat jiwa dan raga untuk berbakti demi ibu pertiwi, dan Tuhan Yang Maha Esa , Allah Swt menjadi saksi. Penulis harus memantapkan niat di dalam hari ,itikat, dan membangun semangat baru kembali dalam jalur kari dan pengabdian yang baru. Jalur baru baru selamat datang, dan jalur lama selamat jalan.

Perubahan itu sudah nyata adanya, tidak ada sesuatu itu tanpa ada perubahan, kecuali Allah Subhanahu wata’ala semata. Hati harus dimantapkan dan ditata kembali, meski demikian bayangan jalur yang lama masih mengikuti. Tantangan harus ditaklukkan, meski kondisi lapangan dan lingkungan masih dalam bayangan yang samar-samar dan penuh ilusi.  Kehidupan baru pun harus disongsong dan dihadapi, meski banyak onak dan duri yang menghalangi.

Selalu ada jalan yang terbaik bagi orang yang masih percaya akan takdir Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu wata’ala. Mungkin inilah jalan yang terbaik yang dibukakan-Nya untuk penulis dalam meniti karir selanjutnya, menyeberang dari jalur fungsional ke jalur struktura. Wallahua’lam.

###curhat2019###

Views All Time
Views All Time
14
Views Today
Views Today
1
Previous articleTERNYATA, PERUBAHAN BENAR ADANYA. Bagian 1. Undangan yang Membuat ‘Galau’
Next articleTERNYATA, PERUBAHAN ITU BENAR ADANYA. Bagian 3. Berani Bersumpah, Berani Melangkah
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY