Tetap semangat walau dilanda gempa

0
27

Gempa dengan kekuatan cukup besar yakni pada magnitude 5,7 SR kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pagi Kamis (6/12) pada pukul 08:02:46 WIB atau pukul 09:02:47 WITA.

Ketika siswa sedang mengerjakan soal ujian semester secara tiba-tiba gempa terasa dengan dahsyatnya menggoyang meja kursi yang diduduki siswa. Seketika itu juga seluruh siswa berhamburan keluar ruangan menyelamatkan diri ke halaman sekolah. Mereka saling dorong, berdesakan dan saling tabrak bahkan meja bangkupun ikut diinjak-injak dalam keadaan panik menyelamatkan diri.

Penulis pada saat itu juga sedang mengawasi proses ujian menyaksikan secara langsung bagaimana kepanikan seluruh siswa MTsN 2 Mataram terlihat ada yang menangis, ada terengah-engah, dan ada yang saling berpelukan.

Dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa baik dari siswa maupun bangunan tidak ada terjadi kerusakan dengan gempa kekuatan 5.7 SR yang melanda Lombok. Gempa tersebut 23 kilometer barat laut dari kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Koordinat gempa tersebut berada di 8.37 lintang selatan dan 116.06 bujur timur. Sementara pusat gempa berada di bawah permukaan bumi dengan kedalaman 10 kilometer. Tidak ada peringatan tsunami atas gempa yang terjadi pada pukul 08.02 WIB tersebut sebagaimana penulis kutip dari situs BMKG.

Dalam keadaan darurat tersebut akhirnya ujian semester jam pertama dipercepat dari waktu biasanya.

Selang beberapa waktu tidak terjadi gempa susulan untuk jam kedua pelaksanaan ujian diadakan di halaman madrasah, ada juga di teras ruangan kelas, di bawah pepohonan mangga bahkan ada di lobi.

Dalam keadaan tersebut tidak menyurutkan semangat siswa dalam mengikuti ujian semester ganjil mengingat hari Kamis adalah hari terakhir bagi mereka untuk ujian. Begitu juga dengan para guru sebagai pengawas tetap menjalankan tugas dengan penuh semangat dan tanggungjawab.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Lombok diguncang ribuan kali gempa dengan kekuatan yang variatif sejak 29 Juli 2018 lalu dengan magnitude terbesar pada 7,0 SR pada 5 Agustus 2018 yang mengakibatkan porak porandanya sejumlah bangunan di Lombok terutama bagian Lombok Utara.

Views All Time
Views All Time
64
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY