Sikap disiplin dan bertanggung jawab merupakan harapan semua guru dari siswanya. Tetapi Ekspektasi  tidak sesuai dengan realita yang ada. Mengapa hal ini bisa terjadi?. Tidak adil rasanya kalau kita hanya menyalahkan siswa. Mari kita introspepeksi diri.

Pada umumnya di awal kegiatan pembelajaran, guru sering mengabaikan arti pentingnya Kontrak belajar. Dimana di dalamnya terdapat kesepakatan antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, agar selama proses berlangsung dapat berjalan secara kondusif. Nyaman untuk guru maupun siswa.

Kekuatan dari kontrak belajar ini bisa meminimalisir berbagai bentuk ketidak disiplinan siswa. Guru punya kekuatan hukum ketika memberikan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan siswa. Begitu pula dengan siswa,mereka bisa melaporkan gurunya kepada wali kelas atau kepala sekolah apabila tidak melaksanakan tugasnya. Seperti tidak melakukan pembelajaran selama tiga kali berturut-turut tanpa alasan yang jelas. Jadi,baik siswa maupun guru akan menyadari hak dan kewajibannya dalam proses pembelajaran.

Idealnya kontrak belajar di buat pada awal pembelajaran. Isi dari kontrak belajar harus memuat tentang informasi materi pelajaran,Jadwal kegitan belajar yang akan dilaksanakan termasuk PH,PTS,PAS/PAT,Tugas-tugas yang harus dilaksanakan termasuk waktu pelaksanaan dan batas waktu pengumpulannya.Kesepakatan-kesepakatan berupa kewajiban dan larangan yang berlaku untuk guru dan siswa, sanksi dan reward.

Dengan adanya kesepakatan antara guru dan siswa melalui kontrak belajar,tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan dan merasa diperlakukan tidak adil. Siswa diberi ruang untuk berekpresi,aktif,kreatif  dan lebih bertanggung jawab sehingga apa yang kita harapkan sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat. Salam literasi.

Views All Time
Views All Time
29
Views Today
Views Today
1

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY