TIGA KARAKTER GURU

0
15

Saut Marasi Manihuruk, S.Pd.

Ada tiga karakter guru yang kupelajari hari ini. Pertama, guru itu senantiasa mengulurkan tangan untuk membantu para siswa. Kedua, guru itu membuka pikiran para siswa dari yang tidak tahu menjadi tahu. Ketiga, guru itu selalu menyentuh hati siswa untuk melihat masa depan yang lebih baik dengan belajar secara tekun.

Dari ketiga hal tersebut, guru bekerja dengan tangan (hand), mind (pikiran), dan hati (heart). Dengan tangannya, dia siap kapan saja untuk menolong para siswa dalam menguasai ilmu yang sedang dipelajari. Tangannya tidak akan pernah berhenti untuk bekerja demi kemajuan para siswanya. Dengan pikirannya, dia akan selalu mencari terobosan-terobosan baru agar pikiran siswanya dapat mencerna pelajaran yang diajarkan dengan mudah. Ketika dia mau tidur, dia akan merenungkan proses belajar mengajar yang sudah dilakukannya dan berupaya akan membuatnya lebih baik lagi pada hari berikutnya dengan suasana hangat dengan para siswanya. Dengan hatinya, dia akan berupaya agar menyentuh kondisi batiniah para siswanya betapa belajar itu penting bagi siapa saja dan hari esok yang lebih cerah. Hatinya terbebas dari kepentingan lain kecuali kepentingan para siswa yang dibelajarkannya agar pembelajaran itu bermakna dan berdaya tarik. Singkatnya, guru itu mempunyai tangan yang bersih, pikiran yang terbuka, dan hati yang tulus dalam pekerjaannya.

Jika kurenungkan tiga karakter di atas, aku ini masih harus banyak belajar untuk menjadi yang ideal di hadapan para siswa. Potret guru di atas, jika demikian adanya, adalah potret yang diidam-idamkan siswa karena mereka memiliki guru yang senantiasa siap membantu …, siap membuka …, dan siap menyentuh …

Bagaimana pendapat Anda?

Views All Time
Views All Time
35
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY